This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitria, Mila Royanul (2025) Implementasi nilai ahlus sunnah wal jama'ah dalam pendidikan karakter anak di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Mila Royanul Fitria_06040921072.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Mila Royanul Fitria_06040921072_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 March 2028. Download (4MB) |
Abstract
Prinsip-prinsip aswaja tidak hanya mengajarkan peserta didik menjadi individu yang cerdas, tetapi juga dapat membangun kepribadian peserta didik agar memiliki moralitas. Peserta didik membutuhkan pendidikan keaswajaan yang sudah termasuk pendidikan karakter untuk mewujudkan potensi anak dan membangun karakter bangsa yang sesuai dengan Pancasila. TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo merupakan Lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi Nilai Aswaja, sehingga dapat membangun karakter anak dengan baik. Tujuan hasil penelitian yang pertama, untuk mengetahui proses implementasi nilai aswaja dalam pendidikan karakter anak di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat. Kedua, untuk mengetahui strategi implementasi nilai aswaja dalam pendidikan karakter anak di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Ketiga, untuk mengetahui nilai karakter yang terbentuk melalui penerapan nilai aswaja di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Terakhir, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai aswaja dalam pendidikan karakter anak di TKM NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang akan digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai Aswaja dalam pendidikan karakter anak di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat telah diterapkan dengan baik melalui kurikulum, strategi pembelajaran, dan media yang mendukung. Nilai-nilai Aswaja seperti Tawasuth, Tawazun, Tasamuh, dan I’tidal ditanamkan dalam kegiatan sehari-hari untuk membentuk sikap religius, tanggung jawab, kerja keras, dan toleransi sejak dini.Faktor pendukung penerapan nilai Aswaja meliputi kesiapan anak, peran aktif guru dan orang tua, serta lingkungan yang mendukung. Namun, hambatan seperti perbedaan latar belakang anak membuat penerapan nilai Aswaja lebih terbatas di sekolah. Dengan pendekatan yang tepat, pendidikan karakter berbasis Aswaja dapat membentuk pribadi berakhlak mulia sesuai ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Akhlak Metode Pembelajaran Pendidikan Islam |
||||||||||||
Keywords: | Nilai aswaja; pendidikan karakter | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | S.Pd Mila Royanul Fitria | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |