Dampak keterlibatan keluarga, religiusitas dan profesionalitas guru terhadap karakter religius santri Kuttab al Fatih Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Niswatin (2024) Dampak keterlibatan keluarga, religiusitas dan profesionalitas guru terhadap karakter religius santri Kuttab al Fatih Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niswatin Khoiriyah_01040421004 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2028.

Download (7MB)
[img] Text
Niswatin Khoiriyah_01040421004.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tren indeks karakter pelajar mengalami penurunan pada tahun 2021. Indikator tersebut mengacu pada lima dimensi karakter yang telah disurvei yaitu religiusitas, integritas, kemandirian, nasionalisme dan gotong royong. Realitas yang ada, antara lembaga pendidikan dan orang tua kurang membangun hubungan emosional dalam menyinergikan pendidikan karakter religius. Pendidikan karakter yang dibangun oleh pihak sekolah dilakukan secara terpisah dan kurang dikembangkan dalam lingkungan keluarga, sehingga yang terjadi adalah tidak adanya kontrol yang berkesinambungan antara nilai-nilai karakter yang ditanamkan dan penerapan nilai karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian pada uji kuantitatif adalah untuk melakukan analisis melalui tahapan mengidentifikasi, memahami, dan mengkaji, serta membuktikan hipotesis secara empiris 1) Pengaruh langsung keterlibatan keluarga terhadap karakter religius santri Kuttab Al Fatih (KAF). 2) Pengaruh langsung religiusitas keluarga terhadap karakter religius santri KAF. 3) Pengaruh langsung profesionalitas guru terhadap karakter religius santri Kuttab Al Fatih. 4) Pengaruh tidak langsung keterlibatan keluarga terhadap karakter religius santri KAF melalui religiusitas keluarga. 5) Pengaruh tidak langsung profesionalitas guru terhadap karakter religius santri KAF melalui religiusitas keluarga. 6) Adapun tujuan uji kualitatif untuk mengungkapkan fasilitasi lembaga KAF dalam mendukung keterlibatan keluarga, religiusitas keluarga dan profesionalitas guru dalam membentuk karakter religius santri. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain penelitian explanatory sequential. Subjek penelitian terdiri dari wali santri, santri dan guru KAF Jawa Timur yang tersebar di kabupaten Sidoarjo, Surabaya, Probolinggo, Jombang, Gresik, Kediri, Jember dan Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri yang telah menjalani pendidikan di KAF minimal 3 tahun dengan jumlah 1063 santri, 710 wali santri dan 214 guru. Sampel penelitian terdiri dari 137 responden dari setiap santri, wali santri, dan guru yang dipilih secara cluster random sampling. Cluster terpilih adalah Kuttab Al Fatih Sidoarjo, Jombang, dan Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan survei, observasi karakter religius santri dan wawancara dengan penanggung jawab KAF Jawa Timur, juga wawancara dengan 15 guru dan 15 wali santri. Data dianalisis secara Structural Equation Modeling menggunakan software Lisrel 8.80. Hasil penelitian: 1) Keterlibatan keluarga berpengaruh signifikan terhadap karakter religius santri. 2) Religiusitas keluarga berpengaruh signifikan terhadap karakter religius santri. 3) Profesionalitas guru berpengaruh signifikan terhadap karakter religius santri. 4) Keterlibatan keluarga secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap karakter religius santri dengan religiusitas keluarga sebagai variabel intervening. 5) Profesionalitas guru secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap karakter religius santri dengan religiusitas keluarga sebagai variabel intervening. 6) KAF memfasilitasi pembentukan karakter religius santri melalui program-program strategis seperti Belajar Bersama Orang tua, Akademi Keluarga. Selain itu, KAF juga mengadakan kegiatan untuk meningkatkan religiusitas keluarga dan memberikan pendidikan serta pelatihan bagi guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang mendukung pembentukan karakter religius santri. Temuan penelitian ini menawarkan konsep peran penting keluarga dalam mendukung karakter religius yang diinisiasi oleh lembaga pendidikan. Sinergi antara keluarga dan guru menjadi faktor kunci dalam keberhasilan pembentukan karakter religius santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Niswatinniswah.uinmaliki@gmail.com01040421004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@uinsby.ac.id2025077001
Subjects: Adab
Guru
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Keterlibatan keluarga; religiusitas keluarga; profesionalitas guru; karakter religius
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Niswatin Khoiriyah
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:08
Last Modified: 18 Mar 2025 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78887

Actions (login required)

View Item View Item