This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Izzah, Nurul (2025) Efektivitas kegiatan bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa tingkat dasar di desa Babat Jerawat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nurul Izzah_06010721018.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Nurul Izzah_06010721018_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 March 2028. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini ialah proses pendidikan saat ini banyak berfokus pada kegiatan belajar mengajar di dalam kelas saja. Tetapi nyatanya kegiatan belajar mengajar yang dilakukan hanya di dalam kelas tidak berjalan efektif, terdapat sejumlah siswa yang belum mengerti terkait pembelajaran yang telah diberikan oleh guru. Terutama di mata pelajaran matematika yang dirasa sukar oleh sebagian siswa sehingga memerlukan waktu yang lebih untuk dapat memahami mata pelajaran tersebut. Terlebih zaman sekarang prestasi anak tergantung pada hasil belajar yang dicapainya, karena hasil belajar merupakan hal utama yang harus dicapai guna melihat sejauh mana siswa memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas kegiatan bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di Desa Babat Jerawat Surabaya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini ialah penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Design) model Non-Equivalent Control Group Design, dengan menerapkan dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan rincian 15 siswa kelas V tingkat Madrasah Ibtidaiyah serta 15 siswa kelas V tingkat Sekolah Dasar. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang diterapkan yakni berbentuk tes tulis yang memuat dari pretest serta posttest dengan instrument tes berupa butir-butir soal pilihan ganda dengan total 15 soal. Selanjutnya teknik analisis data yang diterapkan ialah uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, serta uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan tampak perbedaan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest sejumlah 88,33 sedangkan kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata posttest sejumlah 69,73 dengan selisih perbedaan sejumlah 18,6. Lalu berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji independent sampel t-test nilai signifikansi (2-tailed) menunjukkan angka 0,000 yang berarti nilai tersebut < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Serta hasil uji n-gain menunjukkan rata-rata n-gain skor kelompok eksperimen adalah 0,6019 dengan klasifikasi sedang dan n-gain skor kelompok kontrol sebesar 0,2780 dengan klasifikasi rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan bimbingan belajar efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di Desa Babat Jerawat Surabaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Bimbingan belajar; hasil belajar; matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2025 05:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2025 05:21 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |