This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
'Izza, Nisfa Lailatul (2025) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nisfa Lailatul 'Izza_06040121118 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Nisfa Lailatul 'Izza_06040121118 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 5 April 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial peserta didik generasi Alpha di SMP Negeri 1 Waru dengan fokus penelitian meliputi bentuk karakter religius dan sikap peduli sosial siswa, peran guru PAI, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan lapangan, melibatkan waka kurikulum, guru PAI, dan peserta didik sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk karakter religius dan sikap peduli sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Waru yaitu mengucapkan salam dan 7S, membaca doa, mengaji bersama, disiplin dalam beribadah, tidak membedabedakan teman, serta aktif dalam kegiatan sosial seperti infaq, bakti sosial, dan gotong royong. 2) Peran guru PAI dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial antara lain sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, teladan, pemimpin, motivator, dan fasilitator. 3) Faktor pendukung guru PAI dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial peserta didik yaitu partisipasi dan respon orang tua serta masyarakat, aspek sosio-kultural lingkungan sekolah, pimpinan Sekolah termasuk guru, sarana dan prasarana sekolah yang memadahi. 4) Faktor penghambat serta solusi guru PAI dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial peserta didik yaitu: Keterbatasan waktu dengan solusinya yaitu kolaborasi dengan guru mata pelajaran lain, Kondisi Lingkungan Peserta didik dengan solusi yaitu mendorong siswa untuk bergabung dalam kelompok atau komunitas positif, seperti Rohani Islam (Rohis) atau organisasi sosial sekolah, Kurangnya Dukungan Orangtua dengan solusi yaitu mengadakan program parenting untuk memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya pendidikan agama dan sikap peduli sosial, Kurangnya Fasilitas Pendukung dengan solusi yaitu menggalang dana dari pihak sekolah, alumni, atau donatur untuk menyediakan fasilitas pendukung.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Guru Kesejahteraan Sosial Pendidikan Islam |
||||||||||||
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Karakter Religius; Peduli Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nisfa Lailatul 'Izza | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2025 23:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Apr 2025 23:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |