Implementasi evaluasi berbasis gamifikasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di UPT SMP Negeri 3 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Az zahra, Nabila Aulia (2025) Implementasi evaluasi berbasis gamifikasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di UPT SMP Negeri 3 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Aulia Az Zahra_06040121116 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nabila Aulia Az Zahra_06040121116 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2028.

Download (1MB)

Abstract

Gamifikasi dalam pembelajaran mempunyai konsep pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dapat meminimalisir ceramah oleh guru terhadap materi dan menonjolkan belajar dengan permainan yang melibatkan fisik dan perasaan yang diharapkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana implementasi evaluasi berbasis gamifikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di UPT SMP Negeri 3 Gresik dengan memahami bagaimana elemen-elemen gamifikasi dapat diterapkan dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini subjek terdiri dari guru PAI, dan peserta didik, sedangkan objeknya adalah di UPT SMP Negeri 3 Gresik. Tahap tahap penelitian mencakup tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penulisan laporan. Sumber dan jenis data pada penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi evaluasi berbasis gamifikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPT SMP Negeri 3 Gresik memberikan dampak positif terhadap motivasi dan minat belajar siswa. Gamifikasi berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan menantang, yang berkontribusi terhadap peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar. (2) Implementasi evaluasi berbasis gamifikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPT SMP Negeri 3 Gresik dipengaruhi oleh berbagai faktor yang menentukan efektivitasnya. Faktor pendukung utama meliputi pemahaman guru terhadap langkah-langkah evaluasi berbasis gamifikasi, pemilihan media serta elemen permainan yang sesuai dengan materi, kesiapan guru dan siswa, serta kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan baik. (3) Dari sisi motivasi dan keterlibatan siswa, penerapan evaluasi berbasis gamifikasi menunjukkan dampak positif yang signifikan. Dibandingkan dengan metode evaluasi konvensional, siswa terlihat lebih antusias dalam mengikuti evaluasi, terutama karena adanya elemen kompetitif seperti perolehan skor, leaderboard, serta fitur interaktif yang menarik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Az zahra, Nabila Aulia06040121116@student.uinsa.ac.id06040121116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Motivasi Belajar
Minat Siswa
Pendidikan Islam
Keywords: Evaluasi; Gamifikasi; Pendidikan Agama Islam; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Aulia Az zahra
Date Deposited: 05 Apr 2025 04:32
Last Modified: 05 Apr 2025 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79175

Actions (login required)

View Item View Item