Implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model cooperative learning pada mata pelajaran ipas di MI at-Taqwa Kebonagung Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofiyah, Elok Maulidah (2025) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model cooperative learning pada mata pelajaran ipas di MI at-Taqwa Kebonagung Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elok Maulidah Sofiyah_06030721072.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Elok Maulidah Sofiyah_06030721072_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2028.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran model cooperative learning berbasis berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI At-Taqwa kebonagung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa secara mendalam bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model cooperative learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI At-Taqwa kebonagung sidoarjo, (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model cooperative learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI At-Taqwa kebonagung sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan mengambil latar belakang di MI At-Taqwa kebonagung sidoarjo dengan metode pemilihan informan sebagai subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV-A dan seluruh peserta didik kelas IV-A. Adapun objek dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model cooperative learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI At-Taqwa kebonagung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipatif, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada tahap awal guru melakukan asesmen awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang relevan. Kemudian pada tahap pelaksanaan, guru menjelaskan tujuan pembelajaran, tata cara kerja kelompok, dan aturan selama pembelajaran berlangsung. Siswa bekerja dalam kelompok dengan pendampingan guru. Evaluasi dilakukan melalui asesmen formatif dan sumatif. Asesmen formatif, berupa refleksi dan presentasi hasil produk, sedangkan untuk asesmen sumatif berupa soal ulangan harian, STS dan SAS. 2) Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran ini adalah dukungan pihak sekolah berupa kebijakan sekolah, rekan sejawat yang saling membantu, fleksibilitas kurikulum merdeka, fasilitas yang memadai, antusiasme siswa, dukungan orang tua, kebijakan evaluasi. Sedangkan untuk faktor pengambat nya adalah jadwal pembelajaran yang padat dan kurangnya pelatihan. Adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat adalah dengan mengadakan program pelatihan yang berkelanjutan dan terjadwal secara rutin tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofiyah, Elok Maulidahelokmaulida123@gmail.com06030721072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Implementasi pembelajaran; cooperative learning; mata pelajaran IPAS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Elok Maulidah Sofiyah
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:51
Last Modified: 26 Mar 2025 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79197

Actions (login required)

View Item View Item