This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ilmida, Laila (2025) Penerapan kebijakan pemisahan kelas (segregasi gender) siswa putra dan putri pada pembinaan akhlak remaja di kelas viii UPT SMP Negeri 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Laila Ilmida_06040121108 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Laila Ilmida_06040121108 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 April 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan kebijakan pemisahan kelas (Segregasi Gender) siswa putra dan putri di kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Gresik, 2) mengetahui bentuk-bentuk pembinaan akhlak remaja yang dilakukan di kelas VII UPT SMP Negeri 2 Gresik, 3) mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan kebijakan pemisahan kelas (Segregasi Gender) siswa putra dan putri pada pembinaan akhlak remaja di kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Gresik.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan (verification).Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Penerapan kebijakan pemisahan kelas siswa putra dan putri di kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Gresik telah diterapkan sejak tahun ajaran 2023/2024 dengan tujuan utama untuk meningkatkan pembinaan akhlak siswa, mempermudah penyampaian materi fiqih pria dan fiqih wanita, serta menjaga batasan interaksi antara siswa putra dan putri. 2) Bentuk pembinaan akhlak remaja di sekolah ini dilakukan melalui beberapa program, di antaranya kultum keputrian, Jum’at religi, serta pembinaan secara langsung bagi siswa yang melanggar aturan. 3) Kebijakan ini memiliki beberapa kelebihan, seperti meningkatkan fokus belajar, mengurangi interaksi negatif, serta menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif. Namun, terdapat pula beberapa kekurangan, seperti kelas putra yang lebih sulit dikendalikan, kurangnya motivasi dalam belajar, serta keterbatasan interaksi sosial dengan lawan jenis, yang dapat menyebabkan rasa canggung saat harus bekerja sama dalam lingkungan yang lebih luas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Akhlak Manajemen Pendidikan Remaja |
||||||||||||
Keywords: | Pemisahan Kelas; Pembinaan Akhlak; Remaja | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Laila Ilmida | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2025 16:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Apr 2025 16:11 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |