Studi komparasi hasil belajar peserta didik mata pelajaran al-qur'an hadits antara kelas diniyah dan kelas tahfidz di MTSN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dinana, Retno Aqimnad (2025) Studi komparasi hasil belajar peserta didik mata pelajaran al-qur'an hadits antara kelas diniyah dan kelas tahfidz di MTSN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Retno Aqimnad Dinana_06010121022 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Retno Aqimnad Dinana_06010121022 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 April 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk membandingkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis antara kelas Diniyah dan kelas Tahfidz pada kelas VIII di MTsN 1 Sidoarjo. Penelitian ini berangkat dari fenomena bahwa meskipun kelas Tahfidz memiliki peserta didik yang secara kognitif terbiasa dengan hafalan Al-Qur’an, nilai mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas Diniyah justru lebih tinggi. Metodologi yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu studi komparatif menggunakan analisis kuantitatif dalam kerangka deskriptif. Metode pengambilan data melalui hasil belajar sumatif akhir semester, observasi, dan wawancara dengan guru serta peserta didik. Pengolahan data dilakukan menggunakan ppendekatan uji statistik komparatif dalam rangka menguji signifikansi perbedaan antara kedua kelompok kelas. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kelas diniyah memiliki rata-rata nilai belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas tahfidz. Analisis lebih lanjut melalui uji normalitas dan homogenitas mengindikasikan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, sehingga laying dianalisis dengan uji independent sample t-test dengan hasil 0,013 < 0,05, yang mengonfirmasi adanya perbedaan signifikan dalam hasil belajar Alquran hadits antara kedua kelas Beberapa faktor menjadi penyebab utama dari kondisi ini misalnya perbedaan program pembelajaran, minat dan motivasi peserta didik, metode pembelajaran, system evaluasi yang diterapkan serta dukungan dari guru dan lingkungan belajar yang kondusif turut berperan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di kedua kelas. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah masing-asing program kelas memiliki keunggulan tersendiri. Oleh karena itu, disarankan agar kelas Tahfidz tidak hanya fokus pada hafalan, tetapi juga memperkuat pemahaman terhadap kandungan ayat dan hadis melalui metode pembelajaran yang lebih kontekstual dan aplikatif sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dinana, Retno Aqimnadretnoaqimnad2583@gmail.com06010121022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Belajar
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Keywords: Studi Komparatif; Hasil Belajar; Al-Qur’an Hadis; Kelas Diniyah; Kelas Tahfidz
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Retno Aqimnad Dinana
Date Deposited: 08 Apr 2025 06:18
Last Modified: 08 Apr 2025 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79254

Actions (login required)

View Item View Item