This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fajria, Lalita Ni'mal (2025) Epistemologi pendidikan anak dalam Kitab Ushul AL-Tarbiyah Wa Al-Ta'lim KMI Gontor Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Lalita Ni'mal Fajria_06020121052.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Lalita Ni'mal Fajria_06020121052_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 13 May 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kedudukan Pendidikan anak yang sangat berpengaruh dalam fase pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depan. Sebab, anak merupakan penentu masa depan bangsa. Mendidik anak merupakan amanah yang harus dijaga dan baginya pahala yang besar sebagaimana janji Allah SWT bagi siapapun yang menjaga kepercayaan yang diberikan kepadanya. Mendidik anak bukanlah suatu perkara yang mudah sehingga membutuhkan dasar yang kuat. Dari berbagai dasar dalam Islam, penelitian ini mengambil salah satu dasar yaitu Kitab Ushul Al-Tarbiyah Wa Al-Ta’lim KMI Gontor Ponorogo. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Epistemologi Pendidikan Anak dalam Kitab Ushul Al-Tarbiyah Wa Al-Ta’lim Juz 2 Muqarrar Li Al-Safi Al-Rabi’ KMI Gontor Ponorogo yang mencakup hakikat dan konsep Pendidikan anak, serta orientasi Pendidikan anak menurut kitab tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui analisis isi terhadap kitab Ushul Al-Tarbiyah Wa Al-Ta’lim KMI Gontor Ponorogo dan didukung oleh beberapa sumber literatur lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hakikat Pendidikan anak dalam Khazanah Islam merupakan proses holistik yang mencakup pengembangan akidah, akhlak, spiritualitas, intelektual, dan keterampilan hidup. Sedangkan Pendidikan anak dalam Kitab Ushul Al-Tarbiyah Wa Al-Ta’lim, KMI Gontor Ponorogo harus disesuaikan dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak beserta kecenderungannya, baik secara fisik, mental, maupun emosional karena anak dan orang dewasa memiliki perbedaan karakteristik dan sudut pandang kehidupan. Oleh karena itu mendidik anak dalam kitab ini dilakukan melalui kebiasaan, latihan, dan pengalaman yang terus berulang. Kitab ini juga menegaskan bahwa Pendidikan anak berorientasi pada pembentukan karakter yang berakhlak mulia, kuat, mandiri, dan bertanggung jawab secara moral, psikologis, dan sosial melalui teladan dengan berpegang teguh pada dua prinsip utama teladan yaitu akhlak mulia dan kesesuaian antara perkataan dengan perbuatan. Beberapa hal yang hendak penulis sarankan kepada para pembaca adalah memahami dan menghayati buku-buku yang mengandung kiat-kiat mendidik anak yang baik dan benar di samping membaca hasil penelitian ini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak Agama dan Ilmu Pengetahuan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Epistemologi; pendidikan anak; Kitab Ushul Al-Tarbiyah Wa Al-Ta'lim, KMI Gontor | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Lalita Ni'mal Fajria | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2025 01:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Apr 2025 01:38 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |