This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Irzayana, Fitria Salsabilla (2025) Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berbantuan Geogebra ditinjau dari gaya belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Fitria Salsabilla Irzayana_06020421041.pdf Download (13MB) |
![]() |
Text
Fitria Salsabilla Irzayana_06020421041_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 April 2028. Download (13MB) |
Abstract
Berpikir komputasional merupakan konsep berpikir yang dikembangkan dan disesuaikan dengan algoritma komputer. Kemampuan berpikir komputasional mampu melatih keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi, merancang, dan mengimplementasikan penyelesaian masalah secara efektif dan efisien dan menghubungkannya dengan alur berpikir komputer. Berdasarkan hasil literatur yang telah dianalisis sebelumnya, kemampuan berpikir komputasional peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa dalam mengerjakan soal HOTS berbantuan Geogebra pada peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Lamongan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria peserta didik yang memiliki kemampuan matematika yang setara. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX-SKS yang berjumlah 17 orang. Alur penelitian yang dilakukan meliputi pemilihan kelas, pemberian angket gaya belajar, pemilihan subjek yaitu 2 subjek pada masing-masing gaya belajar, pengerjaan tes soal HOTS, dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran secara luas bahwa pada peserta didik dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan berpikir komputasional pada kategori baik yaitu dengan memperoleh nilai rata-rata subjek V1 dan V2 yaitu 90. Peserta didik dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan berpikir komputasional pada kategori cukup baik dengan hasil rata-rata nilai subjek A1 dan A2 yaitu 53,75. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir komputasional pada kategori baik dengan nilai rata-rata subjek K1 dan K2 yaitu 90.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||||||
Keywords: | Berpikir komputasional; soal HOTS; Geogebra; gaya belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Fitria Salsabilla Irzayana | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2025 01:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Apr 2025 01:25 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |