This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Puspita, Wianda Dhika (2025) Keterlibatan orang tua dalam proses pemerolehan sintaksis anak usia 2 tahun: studi kasus di RT. 002/RW. 005 Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Wianda Dhika Puspita_06020921054.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Wianda Dhika Puspita_06020921054_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 April 2028. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses pemerolehan sintaksis anak usia 2 tahun. Orang tua sebagai pendidik utama berperan penting dalam mendukung perkembangan bahasa anak, khususnya dalam pembentukan struktur kalimat yang benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis keterlibatan orang tua dalam proses pemerolehan sintaksis anak usia 2 tahun di RT. 002/RW. 005 Kelurahan Kedurus, (2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan orang tua dalam proses pemerolehan sintaksis anak di di RT. 002/RW. 005 Kelurahan Kedurus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data berasal orang tua anak usia 2 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan,sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memastikan validitas data yang diperoleh.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterlibatan orang dalam proses perolehan sintaksis anak usia 2 tahun seperti : a) Penggunaan kalimat lengkap dan pendampingan orang tua. b) pembacaan buku dan penggunaan media edukatif. c) Koreksi kalimat anak yang belum sempurna. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan orang dalam proses pemerolean sintaksis yaitu a) kesibukan orang tua. b) kurangnya pemahaman tentang stimulasi bahasa. c) dukungan keluarga lain. Penelitian ini menegaskan bahwa meskipun media edukatif dan interaksi dengan keluarga lain dapat membantu, keterlibatan langsung orang tua tetap menjadi faktor utama dalam perkembangan sintaksis anak usia 2 tahun.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Anak Pendidikan > Komunikasi Pendidikan > Pendidikan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Keterlibatan orang tua; pemerolehan sintaksis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal | ||||||||||||
Depositing User: | Wianda Dhika Puspita | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2025 02:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Apr 2025 02:15 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |