Uji efektivitas model pembelajaran berdiferensiasi melalui perbedaan konten pada hasil belajar PAI peserta didik di SMPN 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Achmad Rafli (2025) Uji efektivitas model pembelajaran berdiferensiasi melalui perbedaan konten pada hasil belajar PAI peserta didik di SMPN 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Rafli Fathoni_06010121002.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Achmad Rafli Fathoni_06010121002_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 April 2028.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh diberlakukannya “Peraturan Mendikbudristek No. 12 tahun 2024 tentang kurikulum pada PAUD, jenjang pendidikan dasar, dan menengah”. Peraturan tersebut mewajibkan semua jenajng pendidikan menerapkan merdeka belajar paling lambat tahun ajaran 2026/2027. Salah satu bentuk implementasi kurikulum merdeka adalah melaksakan model pembelajaran berdiferensiasi. Meskipun telah banyak sekolah yang melakukan peralihan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka belajar, akan tetapi pada implementasinya model pembelajaran berdiferensiasi masih belum sepenuhnya diterapkan oleh sekolah, khususnya perbedaan konten pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui pelaksanaan model pembelajaran berdiferensiasi konten pada SMP Negeri 5 Surabaya. 2) Mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berdiferensiasi konten dalam meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Adapun desain penelitian ini menggunaan desain eksperimen semu atau quasi experiment design dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur yang dilakukan pada guru PAI, observasi pembelajaran di dalam kelas, dokumentasi dari perangkat pembelajaran dan foto kegiatan selama penelitian, dan tes pre dan post pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji dengan menggunakan independent sample T test, adanya perbedaan mean dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari semester sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, Achmad Rafliraflifathoni1@gmail.com06010121002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Thesis advisorIksan, Iksaniksankamil.sahri@uinsa.ac.id2109078301
Subjects: Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model pembelajaran berdiferensiasi; Pendidikan Agama Islam; konten; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ACHMAD RAFLI FATHONI
Date Deposited: 11 Apr 2025 00:54
Last Modified: 11 Apr 2025 00:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79341

Actions (login required)

View Item View Item