Implementasi program amaliyah ibadah dalam menanamkan karakter religius melalui teori sosial kognitif Albert Bandura Di SMP Buana Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Maulidya (2025) Implementasi program amaliyah ibadah dalam menanamkan karakter religius melalui teori sosial kognitif Albert Bandura Di SMP Buana Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidya Rahmawati_06030121079.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Maulidya Rahmawati_06030121079_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 May 2028.

Download (5MB)

Abstract

Program amaliyah ibadah merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan setiap hari. Rutinitas ini tidak selalu setiap hari dengan satu kegiatan yang sama, namun rutinitas ini bisa dilakukan setiap satu minggu sekali atau terjadwal beberapa hari yang dilakukan dalam seminggu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program amaliyah ibadah dalam menanamkan moral, etika, dan karakter religius siswa di SMP BUANA. Program ini mencakup berbagai praktik ibadah, seperti tata cara wudhu, tayamum, mandi besar, sholat fardhu, sholat sunnah, puasa sunnah dan wajib, manasik umroh dan haji, serta penyembelihan hewan qurban dan aqiqah. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program serta menerapkan teori sosial kognitif Albert Bandura sebagai kerangka analisis. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini dilakukan secara langsung ke lapangan yang didukung dengan pendapat dan pemikiran para ahli. Penelitian ini tergolong field reserch dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data juga dilakukan oleh peneliti melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program amaliyah ibadah di SMP BUANA didukung oleh kebiasaan religius sehari-hari, seperti membaca surah pilihan, asmaul husna, wirid bersama, dan praktik etika islami dalam interaksi sosial. Keterlibatan guru dalam membimbing siswa dan adanya program khusus untuk siswa yang tidak dapat memperoleh pendidikan keislaman Namun, masalah yang terlihat dalam proses pembelajaran observasional di mana siswa meniru perilaku religius guru dan teman sebaya mereka, serta keterbatasan waktu ibadah di sekolah dan peran orang tua dalam membiasakan ibadah di rumah, berkorelasi dengan penerapan teori sosial kognitif Albert Bandura dalam program ini. Metode ini diharapkan dapat membantu siswa internalisasi nilai-nilai moral, etika, dan karakter religius secara lebih efisien dan berkelanjutan baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari mereka

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Maulidyamaulidyarahmawati2805@gmail.com06030121079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorSukmawati, Anisanis.sukmawati@gmail.com2016129204
Subjects: Akhlak
Ibadah
Pendidikan Islam
Keywords: Implementasi amaliyah ibadah; teori sosial kognitif Albert Bandura
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulidya Rahmawati
Date Deposited: 11 Apr 2025 01:43
Last Modified: 11 Apr 2025 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79344

Actions (login required)

View Item View Item