Kendali mutu pendidikan melalui peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SDN Jemurwonosari 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ifaq, Amat (2008) Kendali mutu pendidikan melalui peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SDN Jemurwonosari 1 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D03304012 Amat Ifaq 2008 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan yang bermutu dalam arti menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan rnasyarakat, baik dalam kualitas pribadi, moral, pengetahuan maupun kompetensi kerja menjadi syarat mutlak dalam kehidupan masyarakat global yang terus berkembang saat ini dan yang akan datang. Untuk itu saat ini banyak sekal. konsep yang ditawarkan untuk mengelola lembaga agar menghasilkan lulusan yang bermutu. SDN Jemurwonosari 1 adalah salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan. Lembaga ini fokus pada mutu, baik output maupun elemen-elemen yang mendukung proses pendidikan. Manajemen mutu di lembaga ini adalah dengan memperbaiki, mengelola, dan mengontrol segala yang ada baik siswa, guru dan pendukung kegiatan pembelajaran yaitu kurikulum, dan sarana prasarana sesuai dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran. Salah satu yang menjadi fokus adalah guru PAI. Kinerja guru PAI di lembaga ini sangat baik hal itu ditandai dengan proses pembelajaran yang lancar. Semua itu karena adanya rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi dari mereka. Selain itu kepala sekolah sebagai seorang manajer memberikan motivasi dan juga kebebasan untuk selalu berkreasi dalam melakukan peinbelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kendali mutu pendidikan di SDN Jemurwonosari I Surabaya", bagaimana peningkatan kinerja guru PAI di SDN Jemur Wonosari I?, bagaimana kendali mutu pendidikan melalui peningkatan kinerja guru PAI di SDN Jemurwonosari 1 Surabaya? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan data yang diperoleh melalui metode tersebut dianalisis menggunakan reduksi dat, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian nienunjukkan bahwa I. kendali mutu pendidikan di SDN Jemurwonosari I Surabaya berangkat dari visi, misi, lalu sekolah menetapkan target yang ingin dicapai oleh sekolah dan selanjutnya menyusun kiat-kiat untuk mencapai target tersebut. 2. peningkatan kinerja guru PAI sangat signifikan hal itu dilakukan olen kepala sekolah dengan memberikan motivasi secara individu, supervisi dan pemberian kompensasi, dan program sekolah adalah memberikan pelatihan yang terkait dengan kelancaran proses pembelajaran antara lain pelatihan administrasi pembelajaran. 3.kendali mutu pendidikan melalui pcningkatan kinerja guru PAI di SDN Jemurwonosari l Surabaya dapat dikatakan berjalan dengan baik, akan tetapi masih ada kendala pada kinerja guru dalam proses pernbelajaran, ) aitu masalah administrasi pemebelajaran yang masih kurang dikuasai oleh guru PAl.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ifaq, AmatUNSPECIFIEDD03304012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2025 07:42
Last Modified: 08 Apr 2025 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79388

Actions (login required)

View Item View Item