This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholiha, Innatu (2025) Analisis SWOT strategi pemasaran produk cicil emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Diponegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Innatu Sholiha_08020421061.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Innatu Sholiha_08020421061_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 April 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Diponegoro”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Diponegoro dalam meningkatkan penjualan produk cicil emas serta mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh bank tersebut dalam memasarkan produk cicil emas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan analisis SWOT yang berupa matriks IFAS dan EFAS, matriks SWOT, dan diagram SWOT untuk menentukan titik kuadran dan memperoleh alternatif strategi yang dapat digunakan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Diponegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempromosikan produk cicil emas, Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Diponegoro menerapkan bauran pemasaran 7P. Tiap faktor pada bauran pemasaran telah dilaksanakan dengan baik oleh bank tersebut. Akan tetapi, terdapat ketidaksesuaian pada faktor promosi yang belum sepenuhnya menjalankan keseluruhan komponen dalam bauran promosi. Berdasarkan diagram analisis SWOT, strategi pemasaran produk cicil emasnya berada di posisi kuadran I yang terletak pada titik (1,78 : 1,58). Posisi tersebut menunjukkan kondisi yang menguntungkan karena bank telah mempunyai peluang dan kekuatan yang dapat dimanfaatkan secara optimal. Sehingga strategi yang perlu dijalankan ialah menyokong kebijakan pertumbuhan yang agresif. Salah satu contoh penerapannya ialah dengan meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk guna mendukung strategi penetrasi pasar. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak BSI KCP Surabaya Diponegoro agar lebih menerapkan promosi melalui publisitas dan diadakan stand di beberapa event agar masyarakat lebih paham dan sadar akan pentingnya produk cicil emas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bank dan Perbankan Islam Ekonomi Islam Pemasaran |
||||||||
Keywords: | Analisis SWOT; strategi pemasaran; bauran pemasaran; cicil emas | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Innatu Sholiha | ||||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2025 01:50 | ||||||||
Last Modified: | 15 Apr 2025 01:50 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |