Pengembangan media Numerical Guide for Learning (Nugle) untuk meningkatkan kemampuan number sense siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Az Zhara, Tanaya (2025) Pengembangan media Numerical Guide for Learning (Nugle) untuk meningkatkan kemampuan number sense siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tanaya Az Zhara_06010421030 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tanaya Az Zhara_06010421030 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2028.

Download (11MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar yang memiliki peran penting dalam kehidupan, salah satunya melalui kemampuan number sense yang membantu siswa memahami konsep bilangan. Namun, studi menunjukkan bahwa kemampuan number sense siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning bernama Numerical Guide for Learning (Nugle) untuk meningkatkan kemampuan number sense. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Nugle dalam meningkatkan kemampuan number sense siswa. Media pembelajaran dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Uji coba media pembelajaran dilaksanakan di MTsN 4 Kota Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang pada kelas VII-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi catatan lapangan, validasi ahli, angket kepraktisan oleh guru dan siswa, serta tes tulis berupa pre-test dan post-test. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, yaitu: (1) Proses pengembangan Nugle mengikuti tahapan dalam model ADDIE. Peneliti menganalisis kurikulum, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik sebagai acuan dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran. Media dikembangkan menggunakan platform Thunkable, yang kemudian diuji validasinya oleh ahli media dan ahli materi. Setelah media dinyatakan layak, dilakukan uji coba kepada siswa kelas VII-D. Evaluasi dilakukan di setiap tahapan untuk memastikan media dapat digunakan secara optimal. (2) Media Nugle dinyatakan “sangat valid”, dengan nilai rata-rata kevalidan ahli materi sebesar 4,7 dan kevalidan ahli media sebesar 4,6 pada skala lima. (3) Media Nugle dinyatakan “sangat praktis” untuk siswa dengan persentase 86,30% dan “praktis” untuk guru dengan persentase 77,5%. (4) Media Nugle juga dinyatakan “efektif” dalam meningkatkan kemampuan number sense siswa dengan persentase 59,4% siswa mencapai kategori peningkatan sedang atau tinggi dalam N-gain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Az Zhara, Tanayatanayazhr12gmail.com06010421030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorArum, Wahyuni Fajarwahyuni.fajar.arum@uinsa.ac.id--
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Media Pembelajaran; Number Sense; Mobile Learning.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Tanaya Az Zhara
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:58
Last Modified: 16 Apr 2025 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79423

Actions (login required)

View Item View Item