Efektivitas penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 19 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Nur Indah (2025) Efektivitas penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Indah Kurniawati_06040121120.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Nur Indah Kurniawati_06040121120_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2028.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview pada mata pelajaran PAI dan BP di SMPN 19 Surabaya. 2) Efektivitas model efektifitas penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP di SMPN 19 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Desain penelitian yang diterapkan yaitu desain Quasi Eskperimental yang jenisnya Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik dari kelas VIII di SMPN 19 Surabaya yang beragama Islam sebanyak 373 peserta didik dengan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 69 peserta didik. Sampel yang diambil yaitu berasal dari kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol atau pembanding. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawacara, observasi, dokumentasi dan tes. Selanjutnya, data yang telah didapatkan diuji menggunakan uji prasyarat instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan kemudian uji independent sample T-test. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu menyatakan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview pada pembelajaran PAI dan BP di SMPN 19 Surabaya terlaksana dengan sangat baik yang ditunjukkan dengan perolehan persentase keterlaksanaan aktivitas guru yaitu 88,24% dan persentase keterlaksanaan aktivitas peserta didik yaitu 85,71%. 2) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview mempunyai efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP di SMPN 19 Surabaya. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test yang memperoleh nilai significance one-sided p sebesar <0,001. Nilai tersebut menunjukkan bahwa lebih kecil dari alpha (0,05)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Nur Indahnurindahk18@gmail.com06040121120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuqit, Abd.h.abd.muqit@gmail.com2012036802
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan > Hasil Belajar
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview; hasil belajar peserta didik; mata pelajaran PAI dan BP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Indah Kurniawati
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:21
Last Modified: 15 Apr 2025 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79435

Actions (login required)

View Item View Item