This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kurniawati, Nur Indah (2025) Efektivitas penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nur Indah Kurniawati_06040121120.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Nur Indah Kurniawati_06040121120_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 16 April 2028. Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview pada mata pelajaran PAI dan BP di SMPN 19 Surabaya. 2) Efektivitas model efektifitas penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP di SMPN 19 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Desain penelitian yang diterapkan yaitu desain Quasi Eskperimental yang jenisnya Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik dari kelas VIII di SMPN 19 Surabaya yang beragama Islam sebanyak 373 peserta didik dengan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 69 peserta didik. Sampel yang diambil yaitu berasal dari kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol atau pembanding. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawacara, observasi, dokumentasi dan tes. Selanjutnya, data yang telah didapatkan diuji menggunakan uji prasyarat instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan kemudian uji independent sample T-test. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu menyatakan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview pada pembelajaran PAI dan BP di SMPN 19 Surabaya terlaksana dengan sangat baik yang ditunjukkan dengan perolehan persentase keterlaksanaan aktivitas guru yaitu 88,24% dan persentase keterlaksanaan aktivitas peserta didik yaitu 85,71%. 2) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview mempunyai efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP di SMPN 19 Surabaya. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test yang memperoleh nilai significance one-sided p sebesar <0,001. Nilai tersebut menunjukkan bahwa lebih kecil dari alpha (0,05)
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Islam dan Ilmu Pengetahuan Pendidikan > Hasil Belajar Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Model pembelajaran cooperative learning tipe three step interview; hasil belajar peserta didik; mata pelajaran PAI dan BP | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Indah Kurniawati | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2025 02:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Apr 2025 02:21 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |