Membangun citra positif melalui aktivitas public relations: studi deskripstif PT. Bank Syari'ah Mandiri cabang pembantu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulaikha, Sulaikha (2007) Membangun citra positif melalui aktivitas public relations: studi deskripstif PT. Bank Syari'ah Mandiri cabang pembantu Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulaikha_B06303007.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ada sebuah persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu bagaimana aktivitas public relations di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pcmbantu Sidoarjo dalam upaya membangun citra positif pada publik ?. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara rnenyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai aktivitas public relations di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Sidoarjo dalam upaya membangun citra positif pada publik. Kemudian data terscbut di analisis secara kritis dengan mcnggunakan analisis domain (domain analysis), sehingga diperoleh gambaran secara utuh mengenai aktivitas public relations di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Sidoarjo dalam upaya mcmbangun citra positif pada publik. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa aktivitas public relations di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Sidoarjo dalam upaya membangun citra positif pada publik dilakukan dcngan cara menerapkan strategi yang dianggap cukup efektif dalarn rangka mencapai tujuannya. Strategi tersebut terdiri dari: pertama, mengadakan seminar. Seminar ini bersifat regional maupun nasional yang diselenggarakan di berbagai universitas, baik universitas negeri maupun swasta. Kedua, membagikan brosur. Mekanisme pembagian brosur ini dilakukan di tempat-tempat keramaian yang dipandang banyak dilalui oleh khalayak ramai. Disamping itu, proses pembagian brosur ini juga dilakukan di kantor PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Sidoarjo pada saat ada nasabah yang ingin mengetahui tentang jasa-jasa pelayanan perbankan apa saja yang dimiliki oleh PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Sidoarjo. Ketiga, melakukan sosialisasi. Wujud riil sosialisasi ini secara resmi dilakukan di kantor PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pcmbantu Sidoarjo pada saat ada nasabah yang ingin meminta infonnasi mengenai jasa-jasa pelayanan perbankan yang dimiliki oleh PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Sidoarjo. Disamping itu, sosialisasi juga tidak menutup kemungkinan dilakukan di luar kantor, tepatnya pada saat membagikan brosur di tempat-tempat keramaian. Dan keempat, menjadi sponsorship. lrnplementasi pemberian sponsorship ini dilakuk.an di sekolah-sekolah SMU, baik SMU negeri maupun swasta. Bertitik tolak dari penelitian ini, saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pcmbantu Sidoarjo dalam upaya untuk lcbih mcmbangun citra positif pada publik adalah tidak ada salahnya jika staf public relations PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Sidoarjo juga menggunakan jasa iklan di media cetak maupun media clektronik. Mengingat kedua media tersebut sangat berpcngaruh besar dalam membentuk opini publik selama ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulaikha, Sulaikha--B06303007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Citra Positif; aktivitas public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sholichah Moesthofa
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:53
Last Modified: 14 Apr 2025 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79460

Actions (login required)

View Item View Item