Peran madrasah diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMP Diniyah Turi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayati, Nurul (2024) Peran madrasah diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMP Diniyah Turi Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Inayati_02040823052.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nurul Inayati_02040823052_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2028.

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Peran Madrasah Diniyahdalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMP Diniyah turi Lamongan. Persoalan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran Madrasah Diniyah di sekolah dan apa bentuk peran Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMP Diniyah Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, peneliti melakukan penelitian lapangan (field research) yang bertempat di SMP Diniyah turi lamongan. Sumber data terdiri dari data skunder dan data primer. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun setelah data sudah terkumpul semua maka dilakukan analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Proses implementasi Madrasah Diniyah di SMP Diniyah Turi Lamongan dimulai dari tahap perencanaan, yang mencakup perumusan tujuan, alokasi waktu, kurikulum, dan pemilihan metode. Tahap kedua adalah pelaksanaan, pelaksanaan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, pembelajaran bernuansahkan klasikal karena masih menggunakan kitab kuning, serta pelaksanaannya dilakukan seperti pada pembelajaran umumnya yakni mencakup pembelajaran pembuka, inti, dan penutup. Tahap terakhir adalah evaluasi, di mana Madrasah Diniyah melakukan evaluasi formatif dan sumatif dengan berbagai metode. Dalam Proses Implementasi ini tidak luput dari faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung terdiri dari faktor internal dan eksternal, sedangkan faktor penghambat muncul karena perbedaan minat, kemampuan, dan latar belakang peserta didik. Kedua, Bentuk peran Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMP Diniyah telihat pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Pada ranah kognitif, Madrasah Diniyah berperan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik, yang terwujud dalam peningkatan hasil belajar mereka. Pada ranah afektif, yang meliputi sikap, nilai, dan emosi, terlihat dari partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah, tahlil, dan doa bersama, serta akhlak yang baik kepada teman, guru, dan masyarakat. Terakhir, pada ranah psikomotorik, terlihat peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan keagamaan, kesadaran menjalankan akhlak terpuji, atau munculnya keterampilan lain yang berkaitan dengan aspek motorik peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayati, Nuruliininayati2001@gmail.com02040823052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorSalik, Muhamadsalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Peran; Madrasah Diniyah; mutu PAI
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Inayati
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:30
Last Modified: 16 Apr 2025 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79539

Actions (login required)

View Item View Item