Edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama islam untuk mengembangkan literasi baca-tulis di sekolah dan madrasah: studi kasus SD Muhammadiyah 16 Surabaya dan MI Narrative Quran Lamon

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Praja, Tatag Satria (2024) Edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama islam untuk mengembangkan literasi baca-tulis di sekolah dan madrasah: studi kasus SD Muhammadiyah 16 Surabaya dan MI Narrative Quran Lamon. PhD thesis, UINSA.

[img] Text
Tatag Satria Praja_F13118029 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tatag Satria Praja_F13118029 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 April 2028.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memerlukan inovasi untuk mengembangkan literasi baca-tulis di sekolah dan madrasah guna mendukung keterampilan analitis dan komunikasi siswa. Rendahnya tingkat literasi di Indonesia, sebagaimana terlihat dalam penilaian PISA, membutuhkan pembelajaran yang inklusif dan dinamis. Edutainment menawarkan solusi dengan memadukan hiburan dan pendidikan melalui aktivitas yang kreatif, interaktif, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi edutainment dalam mengembangkan literasi baca-tulis pada pembelajaran PAI, mengidentifikasi aktivitas yang digunakan, serta dampaknya di SD Muhammadiyah 16 Surabaya dan MI Narrative Quran Lamongan, untuk menemukan praktik yang efektif dalam pengembangan literasi baca-tulis siswa di sekolah dan madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi multi-kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan madrasah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, tim inovasi, guru PAI, dan siswa di kedua lembaga pendidikan. Pengumpulan data juga dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi aktivitas pembelajaran. Informan dalam wawancara berjumlah 20 orang, sementara angket disebarkan kepada 40 siswa. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan keabsahan data dijaga melalui triangulasi. Teknik analisis data mencakup analisis kasus tunggal dan lintas kasus untuk menghasilkan proposisi dan kesimpulan akhir sebagai temuan teoretis-substantif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edutainment dalam mengembangkan literasi baca-tulis pada pembelajaran PAI di sekolah dan madrasah melibatkan enam elemen: lingkungan belajar, media interaktif, permainan edukatif, kegiatan kreatif, evaluasi berbasis proyek, dan ekspresi kreatif. Pendekatan ini mengintegrasikan kreativitas, interaksi, dan refleksi melalui tiga tahap pembelajaran, yaitu pra-baca, membaca, dan pasca-membaca. Aktivitas edutainment meliputi kuis interaktif, musikalisasi, diskusi kelompok, watching video, storytelling, serta proyek berbasis literasi yang berlandaskan pada aktivitas permainan, kreativitas, kolaborasi, media, ekspresi, dan proyek. Pendekatan ini terbukti mampu mengembangkan literasi baca- tulis siswa, dalam hal pemahaman, analisis, komunikasi, dan kreativitas. Selain itu, edutainment membantu siswa menjadi lebih kreatif, kritis, dan reflektif dalam memahami dan mengkomunikasikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran PAI

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Praja, Tatag Satriapraja684@gmail.comF13118029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatus@yahoo.com2021036901
Thesis advisorAsrohah, Hanun--2010046801
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Edutainment; Literasi baca-tulis; Pembelajaran PAI
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tatag Satria Praja
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:26
Last Modified: 17 Apr 2025 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79573

Actions (login required)

View Item View Item