This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kusuma, Ahmad Arul Ade (2025) Strategi pemasaran syariah untuk meningkatkan penjualan pada PT Wadja Inti Mulia Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ahmad Arul Ade Kusuma_08040421114 full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 May 2028. Download (4MB) |
![]() |
Text
Ahmad Arul Ade Kusuma_08040421114.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi strategi pemasaran syariah menurut 4 sifat berdangang Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh PT.Wadja Inti Mulia Sidoarjo untuk meningkatkan penjualan. Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, penerapan strategi pemasaran yang sesuai dengan prinsip syariah menjadi salah satu faktor penting dalam menarik minat konsumen, khususnya yang berbasis nilai-nilai Islam. Tujuan lainnya adalah untuk memahami persepsi konsumen dari PT.Wadja Inti Mulia Sidoarjo dalam menjual produknya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan pihak manajemen PT.Wadja Inti Mulia Sidoarjo. Analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT.Wadja Inti Mulia Sidoarjo menerapkan strategi pemasaran menggunakan unsur Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP). Dengan menggunakan ketiga unsur ini PT.Wadja Inti Mulia Sidoarjo mengalami peningkatan dan penurunan penjualan dari tahun 2022-2024. Penelitian ini dianalisis berdasarkan prinsip Siddiq, Fathanah, Amanah, Tabligh. Strategi ini tercermin dalam transparansi harga, kejujuran dalam promosi, serta layanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Tetapi dari sudut pandang konsumen, PT.Wadja Inti Mulia Sidoarjo belum bisa dikatakan amanah. Disarankan agar PT.Wadja Inti Mulia Sidoarjo bisa terus konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip islam. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi perusahaan lain yang ingin menerapkan konsep pemasaran syariah dalam strategi bisnis mereka.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Islam Pemasaran |
||||||||
Keywords: | Strategi pemasaran; penjualan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ahmad Arul Ade Kusuma | ||||||||
Date Deposited: | 07 May 2025 04:28 | ||||||||
Last Modified: | 07 May 2025 04:28 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |