Optimalisasi peran pemuda karang taruna dalam peningkatan ekonomi lokal di Kelurahan Geluran Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bachtiar, Syahrul (2023) Optimalisasi peran pemuda karang taruna dalam peningkatan ekonomi lokal di Kelurahan Geluran Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahrul Bachtiar_B02217028 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2028.

Download (2MB)
[img] Text
Syahrul Bachtiar_B02217028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendampingan pemuda Karang Taruna dengan produsen menggagas ide agar kemandirian tercapai, agar resilien tercapai sehingga ketika ada fenomena serupa pandemic covid-19 yang memporak-porandakan kegiatan social-ekonomi mereka tidak terdampak secara siginifikan hingga terpuruk. Kemudian, berbekal spirit pemberdayaan tersebut maka dilakukan FGD 1 dan FGD 2 masing-masing utuk melaksanakan ide bersama yaitu pendampingan kepada produsen yang terdampak yaitu produsen mebel, produsen logam rak minimarket, produsen tahu, produsen pupuk kotoran sapi, kemudian produsen susu sapi. Pendampingan tersebut berupa pendampingan pengenalan media promosi online untuk menunjang eksistensi dan keputusan pembelian audiens online di Tiktok. Pemuda Karang Taruna dibagi menjadi 5 grup sesuai dengan kelima produsen tersebut. Lalu, FGD ke-2 juga membahas tentang media promosi juga disertai kegiatan survey dan turun langsung melihat tempat produsen agar dapat diketahui potensi konten yang dapat dimanfaatkan. Dalam hal ini, tentunya diperlukan contoh sesuai dengan yang sudah sukses di bidang promosi online di Tiktok, masing-masing sudah dijelaskan di BAB VI. Alasan dari semua produsen memilih Tiktok menjadi media promosi online mereka, dikarenakan banyak sekali UMKM yang terdampak positif setelah aktif di platform yang mulai mencuat namanya sejak 2020 tersebut. Proses perencanaan berlanjut ke proses aksi dengan mengikuti skala prioritas yang sebatas mengenalkn produsen ke media promosi online dan membuat akun, kemudian sesuai dengan spirit pemberdayaan, mereka sendirilah yang mengusahakan apa yang ada agar dapat dikatakan sebagai masyarakat yang berdaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bachtiar, Syahrulsyahrulbachtiar2298@gmail.comB02217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHarits, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Ekonomi
Pemuda Islam
Pemberdayaan
Keywords: Pendampingan; karang taruna; produsen; Tiktok; peningkatan ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email Syahrulbachtiar2298@gmail.com
Date Deposited: 22 Apr 2025 05:07
Last Modified: 22 Apr 2025 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79668

Actions (login required)

View Item View Item