Pengaruh kualitas pelayanan dan transparansi terhadap loyalitas muzakki dengan kepercayaan muzakki sebagai variabel mediasi di LAZIS Nurul Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Fatimatuz (2025) Pengaruh kualitas pelayanan dan transparansi terhadap loyalitas muzakki dengan kepercayaan muzakki sebagai variabel mediasi di LAZIS Nurul Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatuz Zahroh_08040521054 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Fatimatuz Zahroh_08040521054 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2028.

Download (4MB)

Abstract

Pertumbuhan filantropi di Indonesia mengalami kemajuan ditandai dengan munculnya berbagai macam lembaga zakat, salah satunya adalah LAZIS Nurul Falah Surabaya. Lembaga zakat adalah badan yang mengelola dana yang diterima dari para muzakki dan berperan dalam menyalurkan dana zakat kepada orang yang membutuhkan (mustahik). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel kualitas pelayanan dan transparansi terhadap loyalitas muzakki dengan kepercayaan muzakki sebagai variabel mediasi di LAZIS Nurul Falah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang merupakan model persamaan Stuctural Equation Modeling (SEM) yang diolah melalui software SmartPLS 3.2.9. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan transparansi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzakki. Variabel kepercayaan muzakki memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzakki. Variabel kepercayaan muzakki mampu memediasi antara kualitas pelayanan dan transparansi terhadap loyalitas muzakki. Penelitian ini memberikan saran kepada LAZIS Nurul Falah Surabaya agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan serta transparansi. Sehingga akan membentuk kepercayaan muzakki dan akan membuat muzakki untuk terus membayarkan zakatnya kepada LAZIS Nurul Falah Surabaya secara berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Fatimatuzputeriketapang@gmail.com08040521054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaqofa, Nabilah Ainisaqofa.nabilah.aini@uinsa.ac.id--
Subjects: Zakat
Keywords: Kualitas pelayanan; Transparansi; Kepercayaan muzakki; dan loyalitas muzakki.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Fatimatuz Zahroh
Date Deposited: 24 Apr 2025 07:32
Last Modified: 24 Apr 2025 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79775

Actions (login required)

View Item View Item