Hubungan antara pengajaran membaca intensif dengan kitab Qiroah Rosyidah dan prestasi belajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al lman Putri Babadan Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nurul (2007) Hubungan antara pengajaran membaca intensif dengan kitab Qiroah Rosyidah dan prestasi belajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al lman Putri Babadan Ponorogo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303034 Nurul Hidayati 2007 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Membaca adalah sarana penghubung kepada tujuan yang diharapkan dari belajar bahasa dan membaca nikmat yang terbesar yang diberikan adalah Allah pada makhluk­Nya. Membaca pertarna kali diucapkan oleh Allah dan diturunkan pada Rasul­Nya. Ada 2 metode dalarn qiro'ah: 1. Qiro'ah lntensif. Adalah membaca untuk mengembangkan kemarnpuan pembaca dengan menambah perbendaharaan mufrodat yang baru. 2. Qiro'ah Mukatsafah. Membaca adalah untuk mengkokohkan dan memperkuat apa yang telah dipahami dalarn mufrodat tersebut sehingga menarnbah wawasan sebagai pembaca. Masalah yang diteliti dalarn skripsi ini adalah bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara membaca intensif dengan buku Qiro'ah Rosyidah; (2) Mengetahui prestasi belajar bahasa Arab mereka yang menggunakan metode membaca intensif; (3) mengetahui pengaruh pembelajaran membaca intensif terhadap prestasi beiajar bahasa Arab. Untuk mendapatkan data tentang pengaruh pembelajaran membaca intensif terhadap prestasi belajar bahasa Arab, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Adapun untuk analisa data yang dipakai peneliti adalah kuantitatifyang menggunakan rumus persen dan product moment. Setelah mengadakan penelitian dan menganalisanya. Maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwasannya pembelajaran membaca intensif di Ponpes al­Iman Putri cukup baik. Asumsi yang menyatakan bahwa adanya pengaruh membaca intensif terhadap prestasi belajar santri di Ponpes Al­Iman Putri Babadan Ponorogo, diterima dengan adanya dalil fhitung (0,63) lebih besar dari r1abcl (0,273).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, NurulUNSPECIFIEDD02303034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 May 2025 05:00
Last Modified: 21 May 2025 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80475

Actions (login required)

View Item View Item