Uji Coba pembelajaran qiroah bergambar dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatkhullah, Moch (2007) Uji Coba pembelajaran qiroah bergambar dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303043 Moch Fatkhullah 2007 ok.pdf

Download (9MB)

Abstract

MAN Surabaya merupakan lembaga pendidikan Islam negeri yang setara dengan SMA negeri yang ada Satu-satunya di Surabaya. Di sekolah ini ada dua bahasa asing yang diajarkan yaitu bahasa lnggris dan bahasa Arab, meskipun bahasa Arab menjadi pelajaran bahasa prioritas ketiga setelah bahasa lnggris dan bahasa Indonesia, namun bahasa Arab tetap dianggap penting, mengingat bahasa Arab menjadi saJah satu modaJ utama dalam belajar ilmu agama Islam. Mengingat pentingnya belajar bahasa Arab terutama dalam pembelajaran membacanya, Maka dalam pelaksanaan pembelajarannya harus memperhatikan keterampilan berbahasanya yanu menyirnak, berbicara membaca dan mcnulis dalarn pencapaian keberhasilan. Sementara tingkat keterampilan berbahasa yang dimiliki para siswa pada umumnya masih lemah khususnya membaca. SaJah satu met.ode baru yang dianggap mampu meningkatkan keterampilan atau kemampuan siswa dalam belajar baha.sa Arab khususnya membaca adalah bcrgambar (membaca bcrgarnbar) yang merupakan bagian dari media pcndidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan keberhasilan metode tersebut dalam meningkalkan kemampuan membaca siswa dalarn pcmbelajaran bahasa Arab di MAN Surabaya. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data ada.lah observasi, angket, interview dan dokurnentasi dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui pencrapannya sedangkan untuk mcngctahui kcberhasilannya menggunakan metode uji coba, tes, dengan rumus statistik " Tes t" dengan membandingkan data yang ada pada kelompok eksperimen (variable X) dengan data yang ada pada kelompok kontrol (variable Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode membaca bergambar dapat meningkalkan kemampuan membaca siswa. Hal ini berdasarkan hasil Analisa statistic yang didapatkan dari kedua variahel dengan menunjullan angka 3,3 . Dikarenakan penelitian ini masih bersifat uji coba maka di perfukan pengkajian yang lcbih mendalam lagi oleh peneliti - peneliti lain sehingga dapat diketahui lebih lanjut tentang k.eunggulan-keunggulan dari penggunaan rnetode ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatkhullah, MochUNSPECIFIEDD02303043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran qiroah bergambar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2025 06:16
Last Modified: 23 May 2025 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80558

Actions (login required)

View Item View Item