Efektifitas penerapan pendekatan komunikatif dalam pengajaran keterampilan berbicara di MTsN Junwangi Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiyowati, Anis (2007) Efektifitas penerapan pendekatan komunikatif dalam pengajaran keterampilan berbicara di MTsN Junwangi Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303049 Anis Setiyowati 2007 ok.pdf

Download (10MB)

Abstract

MTsN ini merupakan lembaga pendidikan Islam Negeri yang ada di desa Junwangi Krian Sidoarjo dan sudah terakreditasi "A". Sekolah ini mempunyai program materi pelajaran keterampilan berbicara 2 bahasa asing yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. Pengajaran keterampilan berbahasa asing ini sangat berperan dalam meningkatkan keaktifan belajar dan kreatifitas berbicara siswa dengan bahasa asing, terutama berbahasa arab yang mcmpunyai 2 kali pertemuan dalam sepekan, yaitu pelajaran bahasa Arab yang mengikuti kurikuJum Depag dan pelajaran rnuhadatsah yang diprogram oleh sekolah sebagai pengganti pelajaran bahasa Daerah dengan tujuan meningkatkan kreatifitas siswa berbicara bahasa Arab dengan fashih dan baik. Adapun materi pelajaran muhadatsah ini belum terprogram secara khusus dari sekolah. Oleh karena itu guru rnuhadatsah menggunakan pendekatan komunikatif dalam proses peugajarannya dan mengambil materi pelajaran dari berbagai buku bahasa arab, majalah., koran dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efektifita.s penerapan pendekatan komunikatif dalam pengajaran keterampilan berbicara guru muhadatsah dan siswa kdasVIlIA daJam pelajaran muhadatsah. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, angket, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetabui penerapan pendekatan komunikatif (Variabel X) dan nilai rapot pelajaran rnuhadatsah untuk meugetahui peugajaran keterampilan berbicara (Variabel Y). Rumus staristik ''01i Kuadrar" digunakan untuk mcngetahui efektifitas antara penerapan pendekatan komunikatif dalam pengajaran keterarnpilan berbicara bahasa Arab kelas VIIIA di MTsN Junwangi Krian Sidoarjo Tahun Pelajaran 2006 -2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif di MTsN tersebut adalah Cukup. Hal ini terbukti dari basil prosentase "variabel X'' yang menunjukkan basil 67,87. Sedangkan pengajaran keterampilan berbicara "variabel Y" diperoleh dari rapot siswa dengan basil 78,40. Analisa stastistik didapatkan bahwa antara kedua variabel tersebut terdapat keefektifitasan yang "Kecil" dengan memmjukkan angka 0,26 yang menurut Suharsimi Arikunto bahwa hasil tersebut terletak antara 0,20 - 0,40 yang berarti terdapat keefektifitasan yang "Kecil" antara keduanya. Dalam pengajaran bahasa yang efektif, sehamsnya seorang guru rnenggunakan media dan berbagai macam metode pengajaran yang praktis sehingga dapat meningkatkan semangat belajar dan kreatifitas siswa dalam berbicara dengan bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiyowati, AnisUNSPECIFIEDD02303049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pendekatan komunikatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2025 07:03
Last Modified: 23 May 2025 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80571

Actions (login required)

View Item View Item