This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Alifuddin, M. Faris (2023) Pengaruh promosi, kemudahan penggunaan dan harga terhadap keputusan penggunaan ulang pada layanan transportasi go-jek di Surabaya dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
M. Faris Alifuddin_G93219077 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
M. Faris Alifuddin_G93219077 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 June 2028. Download (2MB) |
Abstract
Kepadatan lalu lintas di Jawa Timur seperti di kota-kota besar tak dapat terhindari, dari jalan utama hingga jalan alternatif. Terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas secara terus-menerus dan tak mengenal waktu. Sarana transportasi yang tersedia meningkat tidak seimbang dengan pelebaran jalan yang menjadi penyebab salah satu kepadatan lalu lintas. Di Jawa Timur, Kota Surabaya menempati posisi paling padat lalu lintas, sehingga dianggap sebagai kota dengan tingkat kemacetan tertinggi. Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki potensi tinggi untuk pengembangan bisnis transportasi online. Surabaya memiliki mobilitas masyarakat yang tinggi, terutama bagi mereka yang bekerja, bersekolah, atau melakukan kegiatan lain yang membutuhkan perpindahan tempat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel Promosi, Kemudahan Penggunaan, dan Harga terhadap Keputusan Penggunaan Ulang pada layanan Transportasi Go-Jek di Surabaya dengan Kepuasan Konsumen sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan jenis metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang merupakan model persamaan Structural Equation Model (SEM) yang diolah melalui Software SmartPLS 3.2.9. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan perhitungan tambahan menggunakan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Promosi dan Kemudahan Penggunaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Penggunaan Ulang. Sedangkan variabel Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan Ulang. Peran mediasi dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara full mediation, yang mana berdasarkan uji mediasi pada variabel Promosi dan Kemudahan Penggunaan memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap Keputusan Penggunaan Ulang Go-Jek yang dimediasi oleh Kepuasan Konsumen. Berbeda dengan variabel Harga yang tidak memiliki pengaruh mediasi secara penuh terhadap Keputusan Penggunaan Ulang oleh Kepuasan Konsumen.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Ekonomi Manajemen |
||||||||||||
Keywords: | Promosi; Kemudahan Penggunaan; Harga; Keputusan Penggunaan Ulang; Go-Jek. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||||||
Depositing User: | M. Faris Alifuddin | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2025 04:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2025 04:06 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |