Korelasi penerapan model Experiential Learning dengan belajar efektif bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Mujahidin Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tarwiyah, Wiwik (2009) Korelasi penerapan model Experiential Learning dengan belajar efektif bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Mujahidin Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwik Tarwiyah_D31205072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah saat ini masih sebatas sebagai penyampaian Pengetahuan tentang agama Islam. Hanya sedikit yang arahnya pada proses internalisasi nilai-nilai Islam pada diri siswa. Proses internalisasi tidak secara otomatis terjadi ketika nilai-nilai tertentu sudah dipahami oleh siswa. Dengan demikian perlu dipikirkan model pembelajaran yang bisa memberikan peluang untuk terjadinya internalisasi nilai-nilai Islam tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk proses internalisasi nilai-nilai Islam adalah model Experiential Learning, yang dimaksud dengan model ini adalah belajar sebagai proses dimana pengetahuan diciptakan melalui transformasi pengalaman, jadi pengetahuan merupakan hasil perpaduan antara memahami dan mentransformasi pengalaman. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, model pembelajaran experiential learning ini telah diterapkan dalam proses pembelajaran PAI di SMP Mujahidin Surabaya. Namun sampai sekarang belum pernah dilaksanakan penelitian tentang keberhasilan atau hasilnya belum diketahui. Maka dari itu penulis tertarik dan merasa perlu untuk mengangkat judul tersebut. Dalam penelitian ini, permasalahan yang akan dibahas adalah (1) Bagaimana penerapan model experiential learning bidang studi PAI siswa kelas VIII SMP Mujahidin Surabaya? (2) Bagaimana belajar efektif bidang studi PAI siswa kelas VIII SMP Mujahidin Surabaya? (3) Bagaimana korelasi penerapan model experiential learning dengan belajar efektif bidang studi PAI siswa kelas VIII SMP Mujahidin Surabaya?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan analisis kuantitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengetahui variabel X dan variabel Y menggunakan rumus prosentase. Sedangkan untuk mengetahui korelasi antara variabel X dengan variabel Y, peneliti menggunakan rumus product moment yang kemudian hasilnya dikonsultasikan pada tabel product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model experiential learning (sebesar 42,56%) mempunyai korelasi dengan belajar efektif bidang studi PAI siswa kelas VIII SMP Mujahidin Surabaya (sebesar 68,97%), yang mana rxy = 0,56, jika dikonsultasikan pada tabel interpretasi besarnya antara 0,40 - 0,70 berarti dalam taraf cukup sedangkan taraf signifikan pada tabel product moment adalah 1% = 0,418 dan 5% = 0,325 sehingga ro rt. Jadi hipotesa kerja diterima sedang hipotesa nol ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tarwiyah, WiwikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Model Experiential Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2009
Last Modified: 16 Jul 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8079

Actions (login required)

View Item View Item