Korelasi antara kecerdasan emosional (emotional intelligence) terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKN) peserta didik kelas II MI Al-Hidayah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Riza Zulmi Nur (2024) Korelasi antara kecerdasan emosional (emotional intelligence) terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKN) peserta didik kelas II MI Al-Hidayah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riza Zulmi Nur Amalia_06020720046 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Riza Zulmi Nur Amalia_06020720046 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang terjadi ketika pembelajaran PKN di kelas II MI Al-Hidayah dimana adanya peserta didik yang rasa percaya dirinya kurang, hal tersebut terlihat ketika mereka diminta oleh gurunya untuk menuliskan hasil kerja mereka di papan tulis, mereka cenderung malu dan menolak yang akhirnya mereka melakukannya dengan terpaksa. Lalu adanya sikap siswa yang menyendiri, pendiam, serta kurang aktif di dalam kelas. Ada juga siswa yang mudah marah dan tersinggung apabila ditegur. Sedangkan hasil belajar akan memberikan perubahan kepada siswa baik perubahan yang mengarah ke hal positif dalam hal sikap, keterampilan dan pengetahuannya. Permasalahan tersebut berhubungan dengan kecerdasan emosional peserta didik. Peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional bisa mengendalikan dirinya dengan baik untuk mengikuti proses pembelajaran dan memiliki kesadaran belajar yang tinggi. Sebab salah satu bentuk pengukuran keberhasilan pembelajaran bisa dilihat dari hasil belajar yang ditorehkan oleh siswa setelah melampaui proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik kelas II MI Al-Hidayah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas II MI Al-Hidayah Surabaya dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan cara angket, tes, dokumentasi, wawancara. Setelah pengumpulan data, data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi pearson product moment dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraankelas II MI Al-Hidayah Surabaya yang ditunjukkan berdasarkan analisis data dari uji korelasi sebesar sig. 0,03 < 0,05 dan besarnya hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar yaitu 0,822.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Riza Zulmi Nurrizazulmi1485@gmail.com06020720046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2015057203
Subjects: Kewarganegaraan
Kecerdasan
Pendidikan
Keywords: Kecerdasan Emosional; Emotional Intelligence; Hasil Belajar; Pendidikan Kewarganegaraan; PKN
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riza Zulmi Nur Amalia
Date Deposited: 25 Jun 2025 12:50
Last Modified: 25 Jun 2025 12:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80923

Actions (login required)

View Item View Item