This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khoirunnabila, Azza Ilma (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (sfe) terhadap keterampilan proses sains peserta didik MTS Bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Azza Ilma Khoirunnabila_06031021040 OK.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text
Azza Ilma Khoirunnabila_06031021040 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 June 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan proses sains pada peserta didik kelas VIII MTs Bilingual Muslimat NU Sidoarjo pada materi IPA. Hal ini disebabkan sebagian besar pembelajaran dilakukan dengan teacher centered learning dan penerapan model juga metode pembelajaran dalam pembelajaran belum sepenuhnya membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan proses sains yang dimiliki oleh peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap keterampilan proses sains materi gelombang bunyi di MTs Bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design yang mana menggunakan dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Bilingual Muslimat NU Sidoarjo tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian merupakan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, tes dan angket. Analisis data hasil tes menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Uji hipotesis non parametrik Mann Whitney menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar < 0,000. 2) Rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen > kelas kontrol dimana kelas eksperimen mendapat rata-rata 50,2, sedangkan kelas kontrol mendapat rata-rata 24,4. 3) Perolehan n-gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,4497 dengan kategori sedang. 4) Nilai keterampilan proses sains mengalami peningkatan pada setiap indikatornya dengan nilai > 60. 5) Keterlaksanaan pembelajaran jika dilihat dari observasi aktivitas guru dan peserta didik memperoleh kriteria sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata > 3,30. 6) Hasil angket respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining berbasis praktikum memiliki persentase nilai rata-rata sebesar 67,32% termasuk dalam kategori baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Peran Guru Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | SFE; Keterampilan Proses Sains; Gelombang Bunyi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Azza Ilma Khoirunnabila | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |