This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Anshori, Dina Khasana (2023) Pegaruh penerapan model project based learning terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti peserta didik di kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dina Khasana Anshori_D91219107 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Dina Khasana Anshori_D91219107 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 June 2028. Download (1MB) |
Abstract
Berawal dari menurunnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti akibat dari pemilihan metode ceramah yang monoton membuat peserta didik mudah bosan. Oleh karenanya, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk membuktikan ada atau tidak pengembangan motivasi belajar peserta didik apabila menggunakan proyek pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang dianalisis melalui pendekatan kuantitiaf dengan menerapkan metode eksperimen posttest-only control design, yakni menggunakan dua kelas, kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penerapan model project based learning dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Adapun pengumpulan data memanfaatkan teknik observasi, wawancara, angket/kuesioner, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model project based learning terhadap motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik di kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Dilihat dari hasil perhitungan uji T-test berupa Indepent Sample T-test melalui bantuan aplikasi SPSS didapatkan perbedaan tingkat motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dimana nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikasi antara motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan Islam |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran Project Based Learning; Motivasi Belajar Siswa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dina Khasa Dina Khasana Anshori | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2025 03:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2025 03:10 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |