Analisis kepuasan pengguna fitur spaylater terhadap transparansi informasi biaya dan bunga dengan metode customer satisfaction index dan importance performance analysis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puteri, Fira Adilah (2024) Analisis kepuasan pengguna fitur spaylater terhadap transparansi informasi biaya dan bunga dengan metode customer satisfaction index dan importance performance analysis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Adilah Puteri_09040620050 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fira Adilah Puteri_09040620050 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 June 2028.

Download (3MB)

Abstract

Pada era digital, fintech dan layanan "Buy Now, Pay Later" (BNPL) telah menjadi komponen penting dalam transaksi e-commerce. Shopee PayLater (SPayLater) adalah salah satu layanan BNPL terkemuka di Indonesia, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian dengan pembayaran tertunda. Meskipun menawarkan kemudahan, transparansi informasi terkait biaya dan bunga menjadi tantangan yang signifikan dalam menjaga kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap transparansi informasi biaya dan bunga pada fitur SPayLater dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup dimensi kualitas informasi, yaitu akurasi, kelengkapan, ketepatan waktu, dan relevansi. Hasil analisis menunjukkan bahwa transparansi informasi memengaruhi tingkat kepuasan pengguna secara signifikan. Berdasarkan metode CSI, mayoritas responden merasa cukup puas dengan layanan yang diberikan, namun metode IPA mengidentifikasi beberapa atribut yang perlu ditingkatkan, terutama dalam hal akurasi dan kelengkapan informasi biaya dan bunga. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi Shopee untuk meningkatkan transparansi dan kualitas informasi pada fitur SPayLater, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Hasil penelitian juga berkontribusi pada pengembangan literatur mengenai kepuasan pengguna dalam layanan fintech di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puteri, Fira Adilahfiradilah23@gmail.com09040620050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Manajemen Komunikasi
Manajemen Informasi
Informasi
Keywords: ShopeePayLater; Transparansi Informasi; Customer Satisfaction Index; Importance Performance Analysis; Kepuasan Pengguna
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Fira Adilah
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:59
Last Modified: 11 Jun 2025 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80976

Actions (login required)

View Item View Item