Digital marketing live streaming dalam meningkatkan penjualan ditinjau dari etika bisnis islam pada brand bymay

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasibuan, Nadifa Rizky Amalia (2024) Digital marketing live streaming dalam meningkatkan penjualan ditinjau dari etika bisnis islam pada brand bymay. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadifa Rizky Amalia Hasibuan_G04219055 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nadifa Rizky Amalia Hasibuan_G04219055 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2028.

Download (4MB)

Abstract

Bymay merupakan brand lokal yang berada di kota Surabaya. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2019 atas inisiasi dari 3 orang yakni Muhammad Faza Mahendra, Mega Setya Ayuningtyas dan Berlian Puja Utomo. Bymay bergerak dibidang pemasaran digital yang menjual produk ibadah secara online pada marketplace, salah satunya Shopee. Penelitian ini di laksanakan di kantor Bymay yang berlokasi di Jalan Ketintang Madya III/4,Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing menggunakan fitur live streaming pada toko Bymay dan menganalisis penerapan Etika Bisnis Islam dalam strategi Live Streaming yang diterapkan oleh ByMay. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan turun langsung ke lapangan untuk melakukan survei untuk memperoleh data yang akurat. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi marketing dengan menggunakan fitur live yang digunakan oleh Bymay saat ini sudah cukup baik, dibuktikan dengan kegiatan yang dilakukan saat live streaming berlangsung, hal ini dibuktikan dengan naiknya omset yang diperoleh Bymay sekitar Rp.60.000.000 – Rp.120.000.000 per bulannya. Strategi marketing yang digunakan oleh Bymay juga sudah sesuai dengan aspek etika bisnis Islam. Berdasarkan aspek kesatuan, Bymay menjual produk ibadah yang bervariasi berdasarkan aspek keseimbangan, calon pembeli dapat bertanya dan meminta untuk meriview produk yang mereka inginkan dan Host live dari bymay bersikap professional dan menjawab dan memnuhi keinginan calon pembeli,Aspek kebebasan, pembeli dapat dengan bebas memilih produk, men-custom¬ nama dan motif pada produk tanpa adanya paksaan. Pada aspek tanggungjawab, bila ada kesalaahan warna dan ukuran maupun ketidaksuaian produk yang diterima oleh pelanggan, Bymay akan bertanggungjawab dengan mengirimkan Kembali produk yang diinginkan pelanggan. Pada aspek kebenaran, Bymay Sraft hanya menampilkan produk dan merieview produk yang sesuai dengan aslinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasibuan, Nadifa Rizky AmaliaNadifarizkyamaliahs@gmail.comG04219055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSa'adah, Mazro'atusmazroatus.saadah@gmail.com2027087703
Subjects: Ekonomi Islam
Etika
Keywords: Digital Marketing; Live Streaning; Etika Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadifa Rizky Amalia Hasibuan
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:18
Last Modified: 17 Jun 2025 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81025

Actions (login required)

View Item View Item