Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam inklusif: studi multikasus di SMA Taman Harapan Kota Malang dan MAN 2 Kota Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Luqman (2025) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam inklusif: studi multikasus di SMA Taman Harapan Kota Malang dan MAN 2 Kota Malang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luqman Hakim_02040822030.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Luqman Hakim_02040822030_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 June 2028.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian yang pertama adalah untuk menganalisis dan mengungkap implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Inklusif di SMA Taman Harapan dan MAN 2 Kota Malang. Kedua, untuk menganalisis dan mengungkap faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Inklusif di SMA Taman Harapan dan MAN 2 Kota Malang. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi multikasus. Studi ini menggunkan pendekatan interdisipliner yang mencakup pendekatan pendidikan Islam, psikologi pendidikan, dan sosiologi agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu Teknik wawancara, observasi mendalam, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup kondensasi data, penyajian data, serta penarikan keismpulan dan verifikasi. Studi ini menghasilkan dua temuan penelitian. Pertama, implementasi pembelajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam inklusif di SMA Taman Harapan dan MAN 2 Kota Malang dilakukan melalui beberapa tahap yang sama. Di SMA Taman Harapan, implementasi pembelajaran PAI inklusif diterapkan melalui: (1) penetapan kebijakan inklusif yang menjamin kebebasan beragama, penyediaan ruang ibadah dan perayaan hari raya lima agama, (2) perencanaan pembelajaran PAI terintegrasi nilai inklusif, (3) pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran Cooperative Learning, Discovery Learning, dan proyek kolaboratif antarsiswa lintas agama, (4) evaluasi pembelajaran PAI yang komperehensif. Sedangkan di MAN 2 Kota Malang dilaksanakan melalui: (1) penetapan kebijakan madrasah inklusif dengan fokus intra-agama Islam, (2)perencanaan pembelajaran PAI berbasis inklusif (3) pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik dan model Cooperative Learning, Problem-Based Learning, Project-Based Learning (4) evaluasi pembelajaran PAI secara komperehensif. Kedua, faktor pendukung di SMA Taman Harapan meliputi adanya dukungan pemerintah, Dinas Pendidikan, orang tua, dan tokoh lintas agama, pemahaman guru PAI yang inklusif dan kompeten, dan budaya sekolah yang toleransi. Sementara di MAN 2 Kota Malang, dukungan berasal dari Kementerian Agama, orang tua, dan tokoh agama Islam, pemahaman Islam guru PAI yang inklusif dan kompeten, dan budaya religius yang toleran. Adapun faktor penghambat di SMA Taman Harapan mencakup pengaruh lingkungan eksternal dan pengaruh media social yang menyebarkan konten intoleran. Sementara penghambat di MAN 2 Kota Malang mencakup pengaruh dari keluarga dan kelompok keagamaan yang eksklusif, dan pengaruh konten dakwah Islam radikal di media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Luqmanuinsaluqmanhakim@gmail.com02040822030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Pendidikan Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Inclusive; learning; Islamic religious education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LUQMAN HAKIM
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:23
Last Modified: 16 Jun 2025 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81053

Actions (login required)

View Item View Item