This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahman, Monica (2025) Perempuan dan politik elektoral: strategi marketing politik Lilik Hendarwati dalam Pemilu DPRD Provinsi Jawa Timur 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Monica Rahman_10010121017.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Monica Rahman_10010121017_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran politik Lilik Hendarwati, caleg perempuan PKS dalam mempertahankan kursi DPRD Jawa Timur 2024-2029. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi pemasaran politik, mengidentifikasi kendala, dan mengeksplorasi solusinya. Metode penelitian kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemasaran politik yang dikemukakan oleh Niffenegger dan teori gender politik yang dikemukakan oleh Herrnson. Hasil penelitian menunjukkan Lilik Hendarwati antara lain merumuskan produk politik dengan mengadopsi platform PKS untuk menyusun visi-misi dan program, rekam jejak personal yang merakyat, serta rekam jejak PKS yang pro-rakyat. Menetapkan strategi promosi melalui tatap muka meliputi pertemuan terbatas yang melibatkan sekelompok masyarakat, Strategi menggalang dukungan via media massa seperti media sosial meliputi Instagram, Tiktok, Facebook, dan Website, media cetak seperti iklan di koran, media elektronik melalui iklan di radio media luar ruang seperti, baliho, poster, kaos dan kalender. Strategi menggait dukungan tokoh masyarakat seperti ustadz, mudin, karang taruna, ibu-ibu PKK dan ketua RT/RW serta organisasi kemasyarakatan seperti Gema Keadilan Kota Surabaya dan Komunitas driver perempuan Speed Surabaya. Merancang strategi pembiayaan kampanye dialokasikan untuk alat peraga kampanye (APK), kampanye lapangan, kegiatan sosial, administasi dan perizinan serta pelatihan atau konsolidasi tim. Strategi penempatan atau lokasi kampanye dengan memetakan pemilih berdasarkan demografi, wilayah, basis politik, komunitas, dan media kampanye. Kendala yang dihadapi mencakup popularitas, finansial, jejaring sosial, dan pemanfaatan media lokal. Untuk solusinya meliputi pengenalan diri, optimalisasi sumber daya, komunikasi daring serta pemanfaatan media sosial pribadi. Strategi marketing politik yang adaptif, dekat dengan masyarakat, dan mengandalkan media sosial menjadi kunci keberhasilan Lilik Hendarwati dalam mempertahankan kursi DPRD Jawa Timur 2024–2029.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Gender Partai Politik Kepemimpinan |
||||||||
Keywords: | Strategi marketing politik; caleg perempuan; PKS; Pemilu DPRD Jawa Timur | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik | ||||||||
Depositing User: | Monica Rahman Rahman | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:06 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:06 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |