This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Puspitasari, Dila (2025) Pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi genius learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dila Puspitasari_06010421009 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Dila Puspitasari_06010421009 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 20 June 2028. Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan penalaran matematis penting bagi siswa untuk memahami matematika. Kemampuan penalaran meliputi 5 indikator yaitu kemampuan melakukan manipulasi, memeriksa kesahihan, menentukan pola, mengajukan dugaan dan menarik kesimpulan. Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa disebabkan oleh kurangnya keaktifan dan masalah emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi Genius Learning 2) mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sebelum diterapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi Genius Learning dan setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi Genius Learning 3) mengetahui apakah pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi Genius Learning memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain control group pretest postest. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VII di SMPN 3 Ngrayun Ponorogo. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Adapun kelas yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes (pretest dan postets). Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney setelah uji normalitas menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi Genius Learning secara keseluruhan baik 2) kemampuan penalaran matematis siswa sebelum mengikuti pembelajaran berada pada kategori sangat kurang dan kemampuan penalaran matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran berada pada kategori baik 3) pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi Genius Learning memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran berdiferensiasi; Strategi Genius Learning; Kemampuan penalaran matematis. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Dila Puspitasari | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |