Pengaruh husnudzon dengan afirmasi positif dalam menurunkan tingkat stres akademik pada siswa unggulan kelas xii di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahdiantary, Indah (2025) Pengaruh husnudzon dengan afirmasi positif dalam menurunkan tingkat stres akademik pada siswa unggulan kelas xii di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Syahdiantary_07020621034 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Indah Syahdiantary_07020621034 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 June 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas adanya fenomena stres yang sering dialami oleh kalangan pelajar, terutama stres akademik yang berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan pencapaian akademik siswa unggulan. Dampak yang muncul antara lain sering merasa pusing, mudah lelah, suasana hati yang berubah-ubah, mudah marah, serta penurunan prestasi akademik. Berdasarkan wawancara awal, diketahui beberapa siswa unggulan mengalami stres akibat tekanan akademik, persaingan dengan teman sebaya, serta pesimis akan kemampuan diri sendiri. Sebagai upaya penanganan stres, penelitian ini menggunakan teknik Cognitive restructuring yang diterapkan melalui pendekatan husnudzon (berprasangka baik) dengan afirmasi positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh husnudzon dengan afirmasi positif dalam menurunkan stres akademik pada siswa unggulan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test and post test, serta melibatkan 12 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala stres akademik dari Sarafino and Smith, dengan analisis data menggunakan uji Paired Sample t-Test. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya penurunan skor rata-rata stres akademik siswa dari 95.75 pada data pretest menjadi 76.17 pada data posttest. Uji paired samples t-test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 (p < 0.05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti husnudzon dengan afirmasi positif berpengaruh dalam menurunkan tingkat stres akademik pada anak didik unggulan kelas XII di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahdiantary, Indahindahsyah214@gmail.com07020621034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohsyaifulloh2015@gmail.com20207906
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Psikologi Islam
Psikoterapi
Keywords: Stres Akademik; Husnudzon; Afirmasi Positif; dan Siswa Unggulan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Indah Syah Indah Syahdiantary
Date Deposited: 22 Jun 2025 07:17
Last Modified: 22 Jun 2025 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81180

Actions (login required)

View Item View Item