فعالية تطبيق التعلم المتمايز المستند إلى الدمية التعليمية لترقية مهارتي الاستماع والكلام لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٢ سيدوهارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zebrillianti, Dennisa (2025) فعالية تطبيق التعلم المتمايز المستند إلى الدمية التعليمية لترقية مهارتي الاستماع والكلام لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٢ سيدوهارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dennisa Zebrillianti_06040221075 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dennisa Zebrillianti_06040221075 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2028.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa arab khususnya keterampilan menyimak dan berbicara di MTs Negeri 2 Sidoarjo tergolong lemah. Hal ini terjadi karena guru masih menerapkan metode pembelajaran tradisional tanpa menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan menarik perhatian siswa. Maka dari itu, peneliti ingin menerapkan pembelajaran diferensiasi berbantuan wayang edukatif untuk meningkatkam keterampilan menyimak dan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mendengar siswa kelas 8 MTsN 2 Sidoarjo, untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTsN 2 Sidoarjo, untuk mengetahui penggunaan pembelajaran berdifrensiasi berbantuan wayang edukatif siswa kelas 8 MTsN 2 Sidoarjo, untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran diferensiasi berbantuan wayang edukatif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas 8 MTsN 2 Sidoarjo, dan untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran diferensiasi berbantuan wayang edukatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTsN 2 Sidoarjo. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan pembelajaran diferensiasi berbantuan wayang edukatif efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas 8 MTsN 2 Sidoarjo. Hasil Uji T Independent untuk keterampilan menyimak adalah (sig. (2-tailed)) =0,008 dan untuk keterampilan berbicara adalah (sig. (2-tailed)) =0,038. Karena (sig. (2-tailed)) < 0,05 maka Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dan untuk hasil Uji Effect Size untuk keterampilan menyimak adalah cohen’s d sebesar 0,6 dan untuk keterampilan berbicara adalah cohen’s d sebesar 0,5. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran diferensiasi berbantuan wayang edukatif efektif sedang untuk meningkatkan keterampilan meyimak dan berbicara siswa kelas 8 MTsN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zebrillianti, Dennisadennisazebrinianti@gmail.com06040221075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAliwafa, Aliwafaaliwafa@uinsa.ac.id2029016802
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullahazhari@uinsa.ac.id2014086502
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Pembelajaran Diferensiasi; Wayang Edukatif; Keterampilan Menyimak dan Berbicara.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dennisa Zebrillianti
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:07
Last Modified: 24 Jun 2025 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81271

Actions (login required)

View Item View Item