This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Elvandari, Seravina Serly (2025) Efektivitas model quantum learning berbantu e-modul interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Seravina Serly Elvandari_06021021035Full.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Seravina Serly Elvandari_06021021035 OK.pdf Restricted to Repository staff only until 24 June 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada kurangnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 13 Surabaya. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional dan bahan ajar yang digunakan guru juga cenderung monoton sehingga kurangnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, peneliti ingin meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model Quantum Learning berbantu e-modul interaktif yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan tersebut.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa efektiv model Quantum Learning berbantu e-modul interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Surabaya Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel pada penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dengan tes, angket dan observasi. Teknik analisis data dengan uji Mann Whitney, perhitungan N-Gain, peningkatan per-indikator, analisis lembar angket dan lembar observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 95,28 sedangkan kelas kontrol sebesar 89,97. Dengan uji hipotesis memperoleh nilai 0,000 < 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh hasil peningkatan pada setiap indikator lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,5962 dengan kategori sedang. Analisis pada lembar angket respon peserta didik memperoleh kriteria baik dengan nilai persentase > 66%. Analisis pada lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik memperoleh kriteria baik dengan nilai persentase > 66%. Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning berbantu e-modul interaktif efektif tehadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Model Quantum Learning; E-Modul Interaktif; Keterampilan Berpikir Kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Seravina Serly Elvandari | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 04:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 04:31 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |