This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Firdausiyah, Arroyanah (2025) فعالية تطبيق التعلم التعاوني من نوع "STAD" بالوسيلة التعليمية tiktok لترقية مهارة الاستماع والكلام لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 موجوكرطا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Arroyanah Firdausiyah_06010221005 OK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Arroyanah Firdausiyah_06010221005 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 June 2028. Download (6MB) |
Abstract
Terdapat permasalahan yang ditemukan oleh peneliti dalam proses pembelajaran Bahasa Arab terutama dalam kemampuan menyimak dan berbicara pada kelas VIII MTs Negeri 1 Mojokerto, yaitu guru yang masih mengandalkan metode tradisional dalam pembelajaran dan hanya menggunakan buku sebagai media pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa kurang minat dan antusias dalam pembelajaran Bahasa Arab sehingga siswa kurang faham dengan apa yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mojokerto sebelum penerapan pembelajaran kooperatif Tipe STAD melalui media Tiktok 2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif Tipe STAD melalui media Tiktok dalam meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mojokerto 3) untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif Tipe STAD melalui media Tiktok dalam meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes dalam mengumpulkan data. Sampel yang digunakan oleh penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan siswa kelas VIII F dengan total 58 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media pembelajaran TikTok dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara. Hasil pretest di kelas eksperimen menunjukkan skor 59,82 untuk keterampilan menyimak dan 60,36 untuk keterampilan berbicara, sementara di kelas kontrol masing-masing memperoleh skor 62,50 dan 62,83. Setelah penerapan, hasil posttest di kelas eksperimen meningkat menjadi 91,25 untuk menyimak dan 90,00 untuk berbicara, sedangkan di kelas kontrol hanya mencapai 72,33 dan 72,17. Nilai Effect Size Cohen’s d sebesar 2,767 untuk menyimak dan 2,229 untuk berbicara menunjukkan adanya efektivitas yang kuat dalam penerapan metode ini untuk meningkatkan keterampilan tersebut pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Mojokerto.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab Keterampilan Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif STAD; Media Tiktok; Kemampuan Menyimak dan Berbicara | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Arroyanah Firdausiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 01:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:24 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |