تطبيق نموذج التعلم (التجميعي للقدرات) Ability Grouping من خلال وسيلة (سلسلة الصورة) Picture Series في ترقية مهارتي القراءة والكتابه لطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الحكومية 1 جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Sinta Nailul (2025) تطبيق نموذج التعلم (التجميعي للقدرات) Ability Grouping من خلال وسيلة (سلسلة الصورة) Picture Series في ترقية مهارتي القراءة والكتابه لطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الحكومية 1 جومبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sinta Nailul Latifah_06020221059 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sinta Nailul Latifah_06020221059 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen kuantitatif dengan dua kali pengukuran sebelum dan sesudah penerapan Ability Grouping dan Picture Series. Subjek penelitian adalah 64 siswa kelas 7 E dan 7 C MTsN 1 Jombang, dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan nilai pre test pada kelas eksperimen yaitu 67,31 untuk keterampilan membaca dan 57,78 untuk keterampilan menulis. Nilai Pre test pada kelas kontrol yaitu 57,75 untuk keterampilan membaca dan 54,68 untuk keterampilan menulis. Dibandingkan dengan nilai hasil Post test pada kelas eksperimen yaitu 93,75 untuk keterampilan membaca dan 92,78 untuk keterampilan menulis. Adapun nilai Post test pada kelas kontrol yaitu 86,43 untuk keterampilan membaca dan 86,40 untuk keterampilan menulis. Dan hasil dari Independent Samples Test menunjukkan nilai untuk keterampilan membaca 0,001 lebih kecil dari 0,05 dan keterampilan menulis sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05, maka Hipotesis Nol (Ho) di tolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) di terima. Hal ini menunjukkan adanya evektifitas yang kuat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Sinta Nailulsintalatifah2002@gmail.com06020221059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Thesis advisorJannah, Ida Miftahulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Ability Grouping; Picture Series; Keterampilan membaca dan menulis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sinta Nailul Latifah
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:48
Last Modified: 25 Jun 2025 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81321

Actions (login required)

View Item View Item