Efektivitas penerapan model pembelajaran SSCS (search, solve,create, and share) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal tipe open ended

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Murni Nur (2025) Efektivitas penerapan model pembelajaran SSCS (search, solve,create, and share) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal tipe open ended. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Murni Nur Mufidah_06010420011 OK.pdf

Download (817kB)
[img] Text
Murni Nur Mufidah_06010420011 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaiakn soal tipe open ended. Oleh karena itu, penelitian ini akan menerapkan model pembelajaran SSCS dengan strategi berdeferensiasi konten dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan 4 tahapannya, yakni; mencari informasi (search), merencanakan solusi(solve), menciptakan solusi (create) dan berbagi solusi (share). Secara sistematis melatih kemampuan analisis, evaluasi dan sintesis informasi yang merupakan elemen kunci dalam berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah model One-Group Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII SMP dengan sampel yang dipilih menggunakan (simple random sampling) yakni kelas VII-K SMPN 1 Wonoayu yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil pre-test dan post-test berpikir kritis peserta didik dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran mengunakan model pembelajaran SSCS mendapatkan rata-rata skor keseluruhan 3,59 yang termasuk dalam kategori sangat aktif. Sedangkan aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran SSCS mendapatkan skor rata-rata total 3,68 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematian menggunakan model SSCS “efektif “ (2) Untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa peneliti menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Murni Nurmurninurmufidah850@gmail.com06010420011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id200506
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share); Kemampuan Berpikir Kritis; Soal Tipe Open-Ended
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Murni Nur Mufidah
Date Deposited: 26 Jun 2025 04:27
Last Modified: 26 Jun 2025 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81350

Available Versions of this Item

  • Efektivitas penerapan model pembelajaran SSCS (search, solve,create, and share) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal tipe open ended. (deposited 26 Jun 2025 04:27) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item