This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
A'yun, Anisa Qurrotul (2025) Peran guru pembimbing khusus dalam penanganan perilaku anak gangguan pemusatan perhatian dan hiperakti (GPPH) di SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Anisa Qurrotul A'yun_06010721006 OK.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Anisa Qurrotul A'yun_06010721006 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 June 2028. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pusat perhatian anak GPPH pada saat pembelajaran di SD Muhammadiyah 3 IKROM Wage. Profil anak GPPH yang menunjukkan sikap tidak bisa duduk tenang, sering mengganggu teman, mengabaikan penjelasan dari guru, dan sulit berkonsentrasi mengakibatkan proses belajar mengajar tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran yang dilakukan oleh GPK dalam penanganan anak GPPH. Diharapkan, dengan mengetahui peran GPK anak GPPH mengalami peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, pada keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan setelah selesai proses pengumpulan data yakni, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yang digunakan yakni anak GPPH dan GPK yang berada di kelas I dan II SD Muhammadiyah 3 IKROM Wage.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Anak GPPH telah mampu mengontrol sikap hiperaktif yang dimilikinya sehingga yang tersisa saat ini adalah sikap kurang memusatkan perhatian. Menurunnya sikap hiperaktif merupakan dampak dari terapi yang dilakukan oleh orang tua di lembaga khusus penanganan PDBK, 2) Faktor yang mempengaruhi anak mengalami GPPH adalah melewatkan tahapan perkembangan merangkak, 3) GPK telah menunjukkan 9 peran dalam menangani anak GPPH yakni sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, motivator, fasilitator, mediator, pendamping, dan terapis, dan 4) Fokus GPK saat ini adalah meningkatkan perhatian anak, peran terapis terbukti mampu meningkatkan perkembangan kemampuan kognitif dan keterampilan anak GPPH. Terapi yang dilakukan oleh GPK adalah terapi back in control dan teknik sounding.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar Guru Psikologi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Peran GPK; Penanganan anak GPPH | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Anisa Qurrotul A'yun | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:47 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81374 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |