تصميم أداة التقييم التشخيصي المعرفي ليتعرّف الفهم الأول لمواد الخبر المقدّم للطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 مدينة سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muiz, Muhammad Abdul (2025) تصميم أداة التقييم التشخيصي المعرفي ليتعرّف الفهم الأول لمواد الخبر المقدّم للطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 مدينة سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Abdul Muiz_06010221017 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
M. Abdul Muiz_06010221017 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengimplementasikan, dan menguji efektivitas instrumen asesmen diagnostik kognitif dalam mengidentifikasi pemahaman awal siswa terhadap materi "Khobar Muqoddam" di kelas 7 MTsN 3 Kota Surabaya. Masalah penelitian ini muncul dari kurangnya pemahaman awal siswa terhadap materi prasyarat (Mubtada' dan Khobar) sebelum mempelajari materi Khobar Muqoddam, serta tidak adanya asesmen diagnostik yang digunakan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman awal siswa. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif dan siswa kesulitan mengikuti materi baru.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen asesmen yang dirancang berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dengan proporsi 75% soal materi prasyarat dan 25% soal materi inti (Khobar Muqoddam). Uji validasi ahli dan uji coba instrumen dilakukan untuk mengukur validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, daya distruksi dan efektivitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen diagnostik kognitif ini memiliki sensitivitas sebesar 91,6%, spesifisitas 85%, dan akurasi 87,5%, yang menunjukkan bahwa instrumen ini efektif dalam mengidentifikasi pemahaman awal siswa. Namun, terdapat beberapa kekurangan, seperti beberapa soal yang dianggap sulit oleh siswa karena materi Khobar Muqoddam belum diajarkan, serta potensi ketidakakuratan akibat format pilihan ganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa instrumen asesmen diagnostik kognitif yang dirancang efektif dalam mengidentifikasi pemahaman awal siswa, membantu guru memetakan kebutuhan belajar siswa, dan merancang pembelajaran yang lebih efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muiz, Muhammad Abdulmabdulmuiz464@gmail.com06010221017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Thesis advisorBakar, Yunus Abuelyunusy@gmail.com2015036501
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Perancangan; implementasi; efektifitas; instrument asesmen diagnostik; pemahaman awal; khobar muqoddam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Abdul Muiz
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:17
Last Modified: 02 Jul 2025 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81397

Actions (login required)

View Item View Item