Pengaruh penerapan model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Isnatul Lailam (2025) Pengaruh penerapan model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnatul Lailam Maghfiroh 06010421013 ok.pdf

Download (894kB)
[img] Text
Isnatul Lailam Maghfiroh 06010421013 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2028.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang terlihat dari kesulitan dalam menyampaikan ide – ide matematika, menjelaskan alasan secara matematis, dan mengonstruksi model matematika dari pemasalahan kontekstual. Hasil observasi di MTsN 4 Jombang serta temuan peneliti sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih berada pada tingkat rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian guru terhadap pengembangan komunikasi matematis dalam proses pembelajaran.Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan model discovery learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan model discovery learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi serta kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum penerapan dan sesudah penerapan . Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, pengaruh tersebut ditandai dengan perbedaan hasil posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di MTsN 4 Jombang pada tahun ajaran 2024/2025. Sampelnya yaitu kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan VII J sebagai kelas control, masing – masing berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji Mann-Whitney dengan bantuan perangkat lunak JASP versi 0.19.3. Hasil penelitian yang diperoleh adalah keterlaksanaan model discovery learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi secara keseluruan memeroleh rata – rata persentase keterlaksanaan sebesar 82% yang termasuk dalam kategori sangat terlaksana. Kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum penerapan model discovery learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi memperoleh rata – rata kemampuan komunikasi matematis pada kategori rendah. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah penerapan memperoleh rata – rata yang meningkat yaitu pada kategori tinggi. Model discovery learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa hal ini ditunjukkan dengan siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi memiliki kemampuan komunikasi matematis siswa yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional dengan metode ceramah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Isnatul Lailamisnatullailam269@gmail.com06010421013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan2002046903
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Model Discovery Learning; pembelajaran berdiferensiasi; kemampuan komunikasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Isnatul Lailam Maghfiroh
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:17
Last Modified: 26 Jun 2025 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81406

Actions (login required)

View Item View Item