This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Athiyyah, Jazilatul (2025) Efektivitas pembelajaran PAI melalui game education gimkit: dampak pada minat dan hasil belajar siswa di SMP negeri 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Jazilatul Athiyyah_06020121049 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Jazilatul Athiyyah_06020121049 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 1 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menanggapi tiga permasalahan utama, yakni: (1) implementasi media pembelajaran Game Education Gimkit pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), (2) efektivitas penggunaan media tersebut terhadap peningkatan minat belajar peserta didik, dan (3) efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar. Metode kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu (quasi-experimental design), jenis pretest-posttest control group design menjadi metode yang diterapkan dalam studi ini. Metode pengambilan data meliputi penyebaran kuesioner minat belajar serta tes pencapaian hasil belajar. Sampel penelitian terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang memperoleh tindakan dengan penggunaan Gimkit sebagai media pembelajaran dan kelompok kontrol tanpa tindakan serupa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Gimkit sebagai sarana pembelajaran secara signifikan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Skor rata-rata minat belajar meningkat dari 59,37 pada pretest menjadi 78,68 pada posttest. Di kelompok eksperimen, nilai hasil belajar siswa rata-rata mencapai 82,03, lebih baik daripada kelompok kontrol yang hanya memperoleh rata-rata 70,68. Nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,5572 (kategori sedang), sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,3254. Uji independent sample t-test menunjukkan nilai p-value < 0,001, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelompok. Temuan ini mengonfirmasi bahwa media pembelajaran Gimkit efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada bidang studi PAI.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Minat Siswa Pendidikan Islam |
||||||||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Game Education Gimkit; Minat Belajar; Hasil Belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Jazilatul Athiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:12 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |