Efektivitas pembelajaran PAI melalui game education gimkit: dampak pada minat dan hasil belajar siswa di SMP negeri 1 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Athiyyah, Jazilatul (2025) Efektivitas pembelajaran PAI melalui game education gimkit: dampak pada minat dan hasil belajar siswa di SMP negeri 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jazilatul Athiyyah_06020121049 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Jazilatul Athiyyah_06020121049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanggapi tiga permasalahan utama, yakni: (1) implementasi media pembelajaran Game Education Gimkit pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), (2) efektivitas penggunaan media tersebut terhadap peningkatan minat belajar peserta didik, dan (3) efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar. Metode kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu (quasi-experimental design), jenis pretest-posttest control group design menjadi metode yang diterapkan dalam studi ini. Metode pengambilan data meliputi penyebaran kuesioner minat belajar serta tes pencapaian hasil belajar. Sampel penelitian terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang memperoleh tindakan dengan penggunaan Gimkit sebagai media pembelajaran dan kelompok kontrol tanpa tindakan serupa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Gimkit sebagai sarana pembelajaran secara signifikan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Skor rata-rata minat belajar meningkat dari 59,37 pada pretest menjadi 78,68 pada posttest. Di kelompok eksperimen, nilai hasil belajar siswa rata-rata mencapai 82,03, lebih baik daripada kelompok kontrol yang hanya memperoleh rata-rata 70,68. Nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,5572 (kategori sedang), sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,3254. Uji independent sample t-test menunjukkan nilai p-value < 0,001, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelompok. Temuan ini mengonfirmasi bahwa media pembelajaran Gimkit efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada bidang studi PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Athiyyah, Jazilatuljazilatulathiyyah0902@gmail.com06020121049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariyah, ZakariyahRiyah.zaka@gmail.com2011026801
Thesis advisorFakhrurrozi, Hattahatta@uinsa.ac.id2018117902
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Game Education Gimkit; Minat Belajar; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jazilatul Athiyyah
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:12
Last Modified: 01 Jul 2025 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81474

Actions (login required)

View Item View Item