تأثير تطبيق نموذج التعليم التعاوني Round Robin بوسيلة Spinning Wheel لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سيدوارجا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falaah, Muh Miftahul (2025) تأثير تطبيق نموذج التعليم التعاوني Round Robin بوسيلة Spinning Wheel لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سيدوارجا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh Miftahul Falaah_06040221085 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Muh Miftahul Falaah_06040221085 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 June 2028.

Download (5MB)

Abstract

MTsN 3 Sidoarjo khususnya kelas VIII peneliti menemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab terutama dalam keterampilan menulis yang didasari oleh rendahnya motivasi dan partisipasi siswa, serta terbatasnya penggunaan model dan media pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu menyebabkan siswa merasa bosan dan kesulitan dalam memahami materi terkait kemampuan menulis. Siswa lebih senang jika model dan media pembelajaran yang digunakan lebih aktif, modern dan sesuai dengan materi yang dipelajari. Dengan demikian peneliti menggunakan model pembelajaran Round Robin dengan media Spinning Wheel sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis siswa kelas VIII MTsN 3 Sidoarjo sebelum menggunakan model pembelajaran Round Robin dengan media Spinning Wheel, mengetahui penerapan model pembelajaran Round Robin dengan media Spinning Wheel untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII MTsN 3 Sidoarjo, dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Round Robin dengan media Spinning Wheel untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII MTsN 3 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dan dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi. dokumentasi, tes, dan angket. Sampel peneliti berjumlah 30 siswa kelas VIII G di MTsN 3 Sidoarjo. Adapun hasil penelitian ini adalah untuk keterampilan mendengar nilai Sig (0,001) lebih kecil dari 0,05 dan nilai t-hitung (4,580) lebih besar dari t-tabel (2,048) dan ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dengan demikian terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran round robin dengan media spinning wheel untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII MTsN 3 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falaah, Muh Miftahulfalaahmiftah@gmail.com06040221085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Keywords: Model Pembelajaran Round Robin; Spinning Wheel; Maharah Kitabah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Miftahul Falaah
Date Deposited: 30 Jun 2025 16:55
Last Modified: 30 Jun 2025 16:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81477

Actions (login required)

View Item View Item