Implementasi strategi experiential learning dalam program Tahfidz Camp di SMP Al-Islam Krian dan SMP Muhammadiyah 2 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspa, Miranda (2024) Implementasi strategi experiential learning dalam program Tahfidz Camp di SMP Al-Islam Krian dan SMP Muhammadiyah 2 Taman. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miranda_02040822034 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Miranda_02040822034 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 June 2028.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, implemntasi, dan evaluasi implementasi strategi experiential learning dalam tahfidz camp di SMP Al- Islam Krian dan SMP Muhammadiyah 2 Taman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam merencanakan strategi pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) untuk tahfidz camp di SMP Al-Islam Krian, pihak sekolah melakukan analisis kebutuhan untuk memahami profil peserta, tujuan tahfidz camp, dan kompetensi yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisis ini, mereka merancang program tahfidz camp yang mencakup berbagai aktivitas experiential learning seperti hafalan kelompok, permainan edukatif, kegiatan alam, dan sesi refleksi. Implementasi strategi ini melibatkan kolaborasi guru dengan pihak sekolah, yang meliputi kegiatan seperti memberikan materi keislaman, halaqah untuk menghafal Al-Qur’an setelah sholat subuh dan isya, serta latihan kaligrafi asma Allah. Observasi dan evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan keterampilan sosial peserta seperti kerjasama, kedisiplinan, dan tanggung jawab, serta peningkatan signifikan dalam retensi hafalan siswa. Sementara itu, di SMP Muhammadiyah 2 Taman, proses penyusunan strategi experiential learning untuk tahfidz camp dilakukan melalui langkah-langkah yang terorganisir dan disengaja, dengan tujuan memberikan peluang pertumbuhan yang besar dan signifikan bagi siswa. Sekolah menyusun materi tahfidz camp yang aplikatif dan menarik, termasuk modul retensi, panduan refleksi, dan materi pendukung lainnya. Metode yang digunakan oleh ustadz/ustadzah pendamping termasuk tikrar, nderes Qur'an, dan mentadaburi ayat-ayat Al-Qur’an. Mereka juga memotivasi anak-anak agar semangat menghafal dan nyaman duduk selama 90 menit. Survei dan evaluasi di akhir program menunjukkan peningkatan nyata dalam kemampuan menghafal dan memahami Al-Qur'an di kalangan siswa, dengan siswa mampu mengaitkan ayat-ayat yang dihafal dengan situasi nyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspa, Mirandamirandapuspa3@gmail.com02040822034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorThobroni, Akhmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan Islam
Pengajaran
Keywords: Strategi; Experiential Learning; dan Tahfidz
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miranda Puspayadi
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:53
Last Modified: 30 Jun 2025 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81508

Actions (login required)

View Item View Item