This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shufiyah, Shara Syarifatus (2025) Hubungan penggunaan media pembelajaran papan kantong pintar (pakapin) dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Shara Syarifatus Shufiyah_06040721116.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Shara Syarifatus Shufiyah_06040721116_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran PPKn yang belum optimal akibat rendahnya interaksi guru dan siswa serta penggunaan metode ceramah tanpa media pembelajaran yang menarik. Hal ini menyebabkan siswa kurang termotivasi, cepat bosan, dan tidak aktif dalam pembelajaran. Keberagaman karakteristik siswa semakin memperkuat kebutuhan akan pendekatan yang lebih variatif. Oleh karena itu, diperlukan inovasi melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat guna meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran papan kantong pintar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini yakni peserta didik kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya yang terdiri dari 30 peserta didik kelas IV A dan 31 peserta didik kelsa IV B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan tes berupa pilihan ganda, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis atau uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi Spearman (rs) sebesar 0,809, yang masuk dalam kategori hubungan sangat kuat, serta nilai Sig. (<0,001) yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka penerimaan hipotesis alternatif (Ha) dan penolakan hipotesis nol (H0). Hasil penelitian menegaskan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran papan kantong pintar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Kewargaan Pendidikan > Media Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Media papan kantong pintar; hasil belajar; PPKn | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Shara Syarifatus Shufiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |