Pemanfaatan teknologi artificial intelligence dalam memudahkan proses pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMA Negeri 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Fitri Maulia Deviana (2025) Pemanfaatan teknologi artificial intelligence dalam memudahkan proses pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMA Negeri 15 Surabaya. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deviana Nur Fitri Maulia_06010121011 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Deviana Nur Fitri Maulia_06010121011 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2028.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga pembentukan karakter siswa. Sayangnya, metode yang digunakan masih cenderung konvensional dan minim teknologi, sehingga kurang menarik bagi siswa. Teknologi Artificial Intelligence (AI) berpotensi menjadi solusi dengan menghadirkan pembelajaran yang lebih interaktif, kontekstual, dan sesuai kebutuhan siswa, serta mendukung evaluasi guru. Di SMA Negeri 15 Surabaya yang memiliki fasilitas memadai, penerapan AI dalam pembelajaran ini perlu diteliti lebih lanjut untuk menciptakan proses belajar yang lebih efektif dan holistik.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dan Menemukan atau merumuskan solusi untuk mengatasi berbagai faktor penghambat dalam pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence guna meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 15 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung kelapangan, wawancara secara mendalam dengan guru, orang tua dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Artificial Intelligence, seperti chat GPT, Meta AI, Quizlet, dan sistem penilaian otomatis, mampu mendorong antusiasme peserta didik dalam belajar, memudahkan mereka dalam memahami materi, serta memperkuat keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Selain itu, guru merasa terbantu dalam menyusun materi dan melakukan evaluasi pembelajaran secara lebih efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Fitri Maulia Devianadevfitri18@gmail.com06010121011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam
Teknologi
Informasi
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Teknologi Artificial Intelligence; Proses Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DEVIANA MAULIA
Date Deposited: 28 Jun 2025 12:00
Last Modified: 28 Jun 2025 12:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81581

Actions (login required)

View Item View Item